Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

Soal UTS Kriptografi



Advertisements



Bagian I. Kerjakan Soal dibawah ini (15%)
A.    Jelaskan 5 W (what, why, who, where) dari istilah : CRYPTOGRAPHY
Jawab :
Kriptografi, secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita [bruce Schneier - Applied Cryptography]. Selain pengertian tersebut terdapat pula pengertian ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data [A. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone - Handbook of Applied Cryptography]. Kriptografi (cryptography) berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua suku kata yaitu kripto dan graphia. Kripto artinya menyembunyikan, sedangkan graphia artinya tulisan. Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi, seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data .Tetapi tidak semua aspek keamanan informasi dapat diselesaikan dengan kriptografi.
Kriptografi dapat pula diartikan sebagai ilmu atau seni untuk menjaga keamanan pesan.
Pada prinsipnya, Kriptografi memiliki 4 komponen utama yaitu:
  1. Plaintext, yaitu pesan yang dapat dibaca
  2. Ciphertext, yaitu pesan acak yang tidka dapat dibaca
  3. Key, yaitu kunci untuk melakukan teknik kriptografi
  4. Algorithm, yaitu metode untuk melakukan enkrispi dan dekripsi


Kemudian, proses yang akan dibahas dalam artikel ini meliputi 2 proses dasar pada Kriptografi yaitu:
  1. Enkripsi (Encryption)
  2. Dekripsi (Decryption)
dengan key yang digunakan sama untuk kedua proses diatas. Penggunakan key yang sama untuk kedua proses enkripsi dan dekripsi ini disebut juga dengan Secret Key, Shared Key atau Symetric Key Cryptosystems.
Berikut adalah ilustrasi 4 komponen dan 2 proses yang digunakan dalam teknik kriptografi.


Enkripsi
Enkripsi (Encryption) adalah sebuah proses menjadikan pesan yang dapat dibaca (plaintext) menjadi pesan acak yang tidak dapat dibaca (ciphertext). Berikut adalah contoh enkripsi yang digunakan oleh Julius Caesar, yaitu dengan mengganti masing-masing huruf dengan 3 huruf selanjutnya (disebut juga Additive/Substitution Cipher):
Plaintext
Ciphertext
rumah
xasgn
motor
suzux
kompor
qusvux
dst…

Dekripsi
Dekripsi merupakan proses kebalikan dari enkripsi dimana proses ini akan mengubah ciphertext menjadi plaintext dengan menggunakan algortima ‘pembalik’ dan key yang sama. Contoh:
Ciphertext
Plaintext
xasgn
rumah
suzux
motor
qusvux
kompor



B.     Jelaskan keterkaitan ilmu CRYPTOGRAPHY dengan ilmu yg lainnya (bagian, sub bagian, induk, saudara, dll.). Kadang kala sering juga disebut ontology atau taxonomi dari ilmu CRYPTOGRAPHY

Jawaban :

Steganografi adalah seni dan ilmu menulis atau menyembunyikan pesan  tersembunyi dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia.
Cryptocurrency sendiri adalah mata uang digital yang menggunakan teknik enkripsi untuk meregulasi setiap unit mata uang baru dan memverifikasi setiap pengiriman dana yang terjadi

Bagian II. Pengetahuan Dasar Cryptography (15%)
1        Sebutkan dan jelaskan beberapa metode/teori/alogratima dalam Cryptography (minimal 3 buah) 

Jawaban :
Caesar Cipher
Caesar cipher sering juga disebut dengan shift cipher, karena dasar dari algoritma ini adalah dengan menggeser beberapa karakter dari plaintext (mirip dengan studi kasus yang di postingan kemarin)
Dalam cipher ini, akan kita temui nilai key (kunci) sebagai pemecahan dari algoritmanya. Key ini bernilai integer yang menyatakan jumlah pergeseran karakternya.
a.       C = E(k, p) = (p + k) mod 26
b.      p = D(k, C) = (C - k) mod 26
Contoh: Caesar Cipher
Tiap huruf alfabet digeser 3 huruf ke kanan
pi : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
ci : D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z A B C
Contoh:
            Plainteks:         AWASI ASTERIX DAN TEMANNYA OBELIX
            Cipherteks:      DZDVL DVWHULA GDQ WHPDQQBA REHOLA

Monoalphabetic Ciphers
Monoalphabetic Cipher (Cipher abjad tunggal) adalah enkripsi metode subtitusi yang memetakan tiap-tiap abjad dengan abjad lain secara random, bukan metode pergeseran seperti Caesar cipher. Misal A -> D, B -> I, C -> Q dan seterusnya.Enkripsi ini adalah metode enkripsi kedua termudah setelah Caesar cipher.

u  Misalnya saja kuncinya adalah:
u  FAJAR NUGRAHA
u  maka disederhanakan menjadi:
u  FAJRNUGH
u  Plain alphabet       :  ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
u  Cipher alphabet   :   FAJRNUGHBCDEIKLMOPQSTVWXYZ
u  Proses enkripsi dan dekripsi cukup dengan menyelaraskan setiap huruf plain alphabet dengan chiper alphabet. Sebagai Contoh:
u  Plaintext         : DIA ITU TAMPAN
u  Ciphertext  : RBF BTV TFIMFK

Playfair Cipher
u  teknik enkripsi simetrik yang termasuk dalam sistem substitusi digraph
u  Salah satu pendekatan untuk meningkatkan keamanan adalah dengan mengenkripsi beberapa huruf pada suatu waktu.
u  The Playfair Cipher adalah cipher yang cukup terkenal.

teknik hill cipher adalah aritmatika modulo terhadap matriks. Dalam penerapannya, Hill cipher menggunakan teknik perkalian matriks dan teknik invers terhadap matriks. Kunci pada hill cipher adalah matriks n x n dengan n merupakan ukuran blok. Jika matriks kunci kita sebut dengan K, maka matriks K adalah sebagai berikut :

Contoh Kriptografi Simetris 

Matriks K yang menjadi kunci ini harus merupakan matriks yang invertible, yaitu memiliki multiplicative inverse K-1 sehingga :
K.K-1 = 1
Ingat ! Kunci harus memiliki invers karena matriks K-1 tersebut adalah kunci yang digunakan untuk melakukan dekripsi.

Cara Enkripsi

Dengan mengkodekan atau mengubah setiap huruf abjad dengan integer sebagai berikut: A = 0, B = 1, …, Z = 25

Cara Enkripsi
maka secara matematis, proses enkripsi pada hill cipher adalah:
C = K . P mod 26
C = Cipherteks | K = Kunci | P = Plainteks
Proses enkripsi pada hill cipher dilakukan per blok plainteks. Ukuran blok tersebut sama dengan ukuran matriks kuncinya. Perhatikan contoh dibawah ini!
P = D O D I S P U T R A ,dikodekan/diintegerkan menjadi
P = 3 14 3 8 18 15 20 19 17 0


Proses enkripsi

Karena matriks kunci K berukuran 2, maka plainteks dibagi menjadi blok yang masing-masing bloknya berukuran 2 karakter. Blok pertama dari plainteks P1,2 =[3;14] kemudian dienkripsi dengan kunci K dengan persamaan C = K . P mod 26. Karena perkalian tersebut menghasilkan lebih dari angka 25 maka dilakukan modulo 26 pada hasil yang lebih dari 25.

Proses enkripsi
Karakter yang berkorespondensi dengan 21 dan 9 adalah V dan J. Setelah melakukan enkripsi semua blok pada plainteks P maka dihasilkan cipherteks C sebagai berikut:
P = D O D I S P U T R A
C = V J R N P W L U R X
Cipherteks yang dihasilkan oleh enkripsi hill chiper atau kode hill menghasilkan cipherteks yang tidak memiliki pola yang mirip dengan plainteks atau pesan aslinya.
Bagian III. Currency Cryptography (30%)  //Currency Cryptography
1.      Apa yg anda ketahui tentang currency cryptography ?? (5w), Berikan contohnya bila ada ?
Crypto Currency atau Cryptocurrency atau Uang Kripto adalah medium perantara keuangan berbentuk digital yang menggunakan code kripsi atau kriptografi atau cryptography.
Mata uang digital ini adalah mata uang jenis baru yang sejauh ini (Januari 2016) belum ada negara yang mem-back up penggunaan uang ini dan menjaminnya.
Bank Indonesia secara resmi melarang penggunaan uang ini. Penggunaan uang inipun memang sebetulnya tidak ada jaminan. Beberapa wallet dan afiliasi cryptocurrency menyebutkan bahwa jenis uang Bitcoin tidak ada jaminan dan saat ini adalah uang percobaan yang tidak ada jaminan harga dan kontinuitasnya/keberlangsungannya.
Selanjutnya ada Altcoin, Enthreum.
Apa itu altcoin?
Altcoin pada prinsipnya adalah uang alternatif selain Bitcoin. Namun saat ini nama Altcoin juga menjadi sebutan bagi mata uang lain seperti Stellar dan bahkan seperti Zcash.
Sebetulnya Altcoin hanya sebutan bagi uang yang merupakan fork dari kode program Bitcoin. Uang digital ini pada awalnya adalah kode digital yang berupa kode enkripsi dan kode yang mem-verifikasi kegiatan, kepemilikan dan injeksi bagi transaksi atau note khusus (perlu pembahasan terpisah) dan pada awalnya menggunakan kode program Bitcoin oleh Satoshi Nakamoto.
Apa uang jenis lain?
Saat ini ada lebih dari 100 uang digital dan sepertinya akan terus berkembang. Beberapa uang digital pada urutan market-cap posisi di nomor 30 saat ini (2016) berada pada market cap sudah melewati 1 juta USD.
Mungkin ada banyak dari uang digital tersebut akan terus berkembang dan memiliki pengguna yang melebar bertambah banyak.
Saat ini ada mata uang baru dan akan terus berkembang seperti Lumen atau QORA. Ada juga mata uang lain dengan kegunaan khusus seperti SC SIA. Setiap mata uang ini memiliki kelebihan dan komunitas berbeda dan berkembang (bisa juga anda cek mata uang Gulden). Kita lihat bersama kedepannya bagaimana.
Bagaimana memilih Cryptocurrency?
Uang jenis ini sebenarnya fenomena buble sempurna. Berawal dari tidak memiliki nilai menggelembung (dan dipercaya bisa pecah suatu ketika dan terjadi pada beberapa uang Kripto yang saat ini mati – bahkan bisa juga terus menggelembung seperti nilai Bitcoin, suatu ketika diperkirakan akan memiliki nilai stabil), nilai mata uang kripto tergantung dari konsensus bersama, nilai mata uang ini tergantung dari kesepakaran publik.
Jika publik seperti saya, anda, nenek anda, kakek saya dan juga dengan kesepakatan profesor dan ilmuwan lain di belahan dunia ini sepakat menggunakan/menukar suatu uang kripto dengan nilai berharga dengan emas, uang kripto lain atau uang sungguhan tertentu maka nilai dari uang digital atau uang kripto bisa naik (terus).
Secara pilosofi maka uang digital (seperti Bitcoin) sebetulnya lebih syar’i atau lebih mendekati konsep keuangan agama Islam dimana pada prinsipnya tidak ada pemaksaan, terbuka dan tidak menumpahkan suatu resiko ke pihak tertentu. Anda coba bandingkan dengan Dolar, Rupiah atau Euro. Jika pemerintah menyebutkan nilai dijamin dan harga tertentu maka anda mau jungkir balik 1000 kali atau 1001 kali maka tidak akan bergeming harganya.
Jika suatu uang kripto bernilai maka nilai tersebut karena tingkat kepercayaan sesama pengguna dan tidak ada jaminan dari pemerintah atau badan resmi manapun, anda pakai karena anda percaya.
Memilih uang kripto sebaiknya karena penggunaan tambahan tidak direkomendasikan sebagai investasi utama (untuk saat ini di tahun 2016, suatu saat kelak kita akan menggunakan uang ini seperti biasa menggunakan Rupiah atau Dolar. Hal ini sudah terjadi di beberapa negara bahwa membeli roti, tiket kereta dan kebutuhan praktis bisa dari uang kripto karena lebih ringkas, efisien dan mudah).
Uang yang anda pakai untuk melakukan investasi di uang digital adalah uang dingin atau uang yang aman untuk anda pakai bukan uang utama anda untuk beli bensin atau makan siang.
Penggunaan tambahan dari Uang Kripto bisa diharapkan untuk membeli atau mendapat barang atau jasa yang tidak tersedia misal transaksi untuk membeli server di dark web.
Tambahan disini karena sebetulnya uang kripto bisa didapat gratis. Posting lain dalam situs ini menyebutkan beberpa pilihan untuk mendapat Uang Kripto secara gratis.

Pemilihan uang jenis ini sebaiknya berdasar:
– penggunaan global termasuk penerimaannya ke dunia nyata misal untuk membeli barang atau jasa (contoh Bitcoin);
– komunitas yang menggunakan uang tersebut menyebar dan tidak semu (beberapa uang jenis ini di-back up oleh perusahaan besar dan sudah global penggunaanya – sebagai contoh Ripple);
– nilai dari uang kripto tersebut dan secara khusus memiliki harga bagi suatu kegiatan yang unik dan membuat terobosan baru bagi internet (contoh bagi mata uang ini adalah Stellar);
– Memiliki jaringan luas dan mulai banyak dicari orang (contoh Gulden).
Bagaimana mendapat Cryptocurrency ?
Ada banyak cara, sebagai contoh dari bermain game, afiliasi atau memgnerjakan tugas-tugas tertentu.
Cryptocurrency terbaik yang mana?
Susah dijelaskan, sebaiknya berpatokan pada nilai dan penerimaan pasar atas uang kripto yang dimaksud.
Karena uang kripto tidak ada jaminan harga dan keberlangsungannya (banyak contoh uang kripto yang identitas dan kelanjutanya tidak jelas – akan dibahas pada posting terpisah) sebaiknya anda tidak membeli uang ini (beberapa uang baru bukan berarti uang tersebut tidak akan berguna hanya saja anda perlu hati-hati).
Sebagai contoh, mata uang ANS Ant Shares adalah mata uang baru dan kami perkirakan akan melejit (prediksi ini kami buat pada bulan Februari 2017, sebagai update atas posting ini), kami yakin mata uang ini akan meroket menembus bulan.
Perlu anda catat juga, ada banyak cara untuk mendapatkan uang ini secara ‘GRATIS’ diluar dari mining. Situs ini membuat sejumlah Bitcoin setiap anda klik halaman baru dan adan tidak rugi (semoga win-win, kami mendapat iklan dan anda mendapat ilmu).
Jika anda tertarik mencari uang kripto secara gratis saat ini (Januari 2016) bisa disarankan untuk fokus ke Bitcoin dan Ripple.
Mohon note bahwa membeli Uang Kripto tidak kami rekomendasikan, Uang Kripto adalah uang buble murni – jika membeli dengan uang maka seperti membeli gelembung udara.
Jika anda membeli uang kripto maka anda harus pastikan bahwa uang yang anda pakai adalah uang dingin dan tidak menjadi hal pokok bagi anda. Investasi harus dibuat dari uang yang anda sisihkan dan bukan bagian utama dari penghasilan anda.


Artikel Terkait



Advertisements


Title : Soal UTS Kriptografi
Description : Bagian I. Kerjakan Soal dibawah ini (15%) A.     Jelaskan 5 W (what, why, who, where) dari istilah : CRYPTOGRAPHY Jawab : Kriptografi...

2 Responses to "Soal UTS Kriptografi"

  1. nggak simpel penjelasn nya dan rumit untuk di pahami

    ReplyDelete
  2. Lakukanlah teknik kriptografi untuk membuat cipherteks
    dari plainteks: SELAMAT UJIAN SEMOGA BERJAYA
    ketentuan sebagai berikut:
    • Metoda Columnar, dengan kunci K=5, dan kunci f = (3, 2,
    4, 5, 1)
    2. Sandikanlah plainteks dibawah ini dengan
    mengggunakan Algoritma XOR dengan rincian sebagai
    berikut:
    • Plainteks: BELAJAR DAN BERILMU
    • Kunci : 165ABCDEFGHIJKLMN

    ReplyDelete