Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN



Advertisements





3.1. Gambaran Umum




       Tampilan antarmuka aplikasi meeting room booking system terdiri dari dua halaman, yaitu halaman utama dan halaman booking. Pada halaman utama terdapat informasi mengenai hari, tanggal, dan jam yang ditampilkan secara real time. Berdasarkan waktu tersebut, ditampilkan informasi mengenai ruang meeting available atau on meeting. Pada halaman utama juga terdapat daftar penggunaan ruang meeting yang sudah berhasil di booked pada halaman booking. Button yang terdapat pada halaman utama berfungsi untuk menuju ke halaman booking.
       Untuk melakukan proses booking, actor harus meng­input subject meeting dan alamat e-mail pada halaman booking. Button clock akan ditampilkan secara pop up dan berfungsi untuk mengatur jadwal mulai dan berakhir penggunaan ruang meeting. Button cancel berfungsi apabila actor batal melakukan booking. Button OK berfungsi apabila actor sudah selesai melakukan proses booking dan sistem akan kembali ke halaman utama.
       Lima menit sebelum ruang meeting akan digunakan, sistem akan menampilkan button start pada halaman utama yang apabila tombol tersebut ditekan maka tampilan informasi pada halaman utama akan berubah menjadi on meeting. Namun jika lebih dari sepuluh menit button tidak ditekan maka sistem akan otomatis cancel jadwal penggunaan ruangan tersebut dan informasi pada halaman utama berubah menjadi available.
       Setelah button start ditekan, maka akan muncul button finish. Button finish berfungsi untuk menghentikan penggunaan ruang meeting apabila meeting selesai sebelum waktu yang telah ditentukan. Bila ruangan telah selesai digunakan maka sistem akan menampilkan informasi bahwa ruangan tersebut tidak sedang digunakan (available).

3.2. Tujuan Rancang Bangun

       Tujuan dilakukannya rancang bangun tampilan antarmuka aplikasi meeting room booking system yaitu untuk memudahkan karyawan PT. Cari Jasa Solusi saat akan menggunakan ruang meeting. Tampilan aplikasi yang user friendly diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam penggunaan tanpa mengurangi sisi fungsionalnya.

3.3. Syarat-Syarat Rancang Bangun

       Kelengkapan yang digunakan dalam pembuatan tampilan antarmuka aplikasi meeting room booking system yaitu sebagai berikut :
1.      Software :
a.       Windows 8
b.      Android Studio
c.       Balsamiq Mockup
2.      Hardware :
a.       Laptop Asus N43S
b.      Handphone Samsung Galaxy Grand Prime

3.4. Perancangan Tampilan Antarmuka Pengguna

3.4.1.      Mockup Halaman Utama

Gambar 3.1 Mockup Halaman Utama

3.4.2.      Mockup Halaman Booking

Gambar 3.2 Mockup Halaman Booking

3.5. Implementasi

3.5.1.      Halaman Utama

Gambar 3.3 Halaman Utama

Halaman Utama merupakan halaman pertama yang akan ditampilkan saat aplikasi dijalankan. Pada halaman ini terdapat informasi mengenai hari, tanggal, dan jam yang ditampilkan secara real time. Berdasarkan informasi tersebut, keterangan mengenai ruangan available maupun on meeting ditampilkan pada halaman utama. Keterangan ruang meeting diikuti oleh waktu hingga ruangan tersebut akan digunakan.
       Actor juga dapat melihat daftar penggunaan ruang meeting yang sudah berhasil di booked pada halaman booking. Pada halaman ini terdapat button yang bernama book yang berfungsi sebagai tombol untuk menuju halaman booking.

3.5.2.      Halaman Booking

Gambar 3.4 Halaman Booking

       Halaman Booking merupakan halaman yang digunakan untuk melakukan booking ruang meeting. Actor harus menginput subjek meeting, alamat e-mail, waktu mulai dan berakhirnya meeting. Button clock akan ditampilkan secara pop up.. Button cancel berfungsi apabila actor batal melakukan booking. Button OK berfungsi apabila actor sudah selesai melakukan proses booking. Kedua button tersebut akan membuat sistem kembali ke halaman utama. 
Artikel Terkait



Advertisements


Title : BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Description : 3.1. Gambaran Umum        Tampilan antarmuka aplikasi meeting room booking system terdiri dari dua halaman, yaitu halaman uta...

0 Response to "BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN"

Post a Comment