Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

Metode Pengembangan Sistem



Advertisements




      Penulis menggunakan model RAD karena melihat aplikasi yang dikembangkan adalah aplikasi yang sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama, metode RAD adalah metode yang diperuntukkan untuk jangka pendek sesuai dengan aplikasi yang dikembangkan. Ada empat fase dari model pengembangan RAD yaitu fase perencanaan syarat-syarat, fase perancangan, fase konstruksi, dan fase pelaksanaan.

3.2.1 Fase menentukan syarat-syarat





              Tahap ini untuk mengidentifkasi syarat-syarat informasi yang dibutuhkan dari aplikasi atau sistem ini. Apabila pengetahuan dirumuskan secara lengkap, maka tahap implementasi dapat dimulai dengan membuat garis besar masalah, kemudian masalah itu dipecah ke dalam   modul - modul. Untuk memudahkan, maka harus diidentifikasikan hal- hal sebagai berikut :
a.       Mendefinisikan masalah
Pada penulisan ini, penulis akan mengimplementasikan tanda tangan digital dengan menggunakan metode algoritma RSA untuk mendefinisikan masalah. Dengan demikian dari implementasi ini dapat diketahui mengapa metode ini dapat menjadikan suatu tanda tangan digital.
b.      Analisis kebutuhan masalah
Tujuan dari sistem ini adalah bagaimana mengimplementasikan Algoritma RSA untuk menyelesaikan masalah tanda tangan digital dan bagaimana kinerja metode Algoritma RSA dalam hal kekuatan dan keamanan suatu tanda tangan digital. Sistem ini berjalan berbasis web. Dibutuhkan koneksi internet dan web browser.
c.       Tujuan
Berdasarkan analisis kebutuhan diatas maka, penulis bertujuan untuk mengimpelementasikan metode Algoritma RSA sehingga diharapkan dapat mengetahui  proses  tanda  tangan  digital   menggunakan komputer dan memperoleh nilai kekuatan enkripsi suatu teks.

3.2.2         Fase Perancangan

Pada tahap ini dilakukan perancangan proses yaitu perancangan proses-proses yang akan terjadi di dalam sistem.
a.          Perancangan Proses
Ditahap ini dilakukan perancangan bagaimana sistem ini berjalan. Penulis menggunakan diagram Unified Modelling language dibuat menggunakan Microsoft Visio 2010. Yang nantinya diagram ini menjadi petunjuk membuat program.
b.          Perancangan Basis Data
Pada aplikasi  tanda tangan digital ini,   penulis merancang tanda tangan digital dengan metode Algoritma RSA. Selain itu untuk menyimpan data – data di dalam table basis data , penulis menerapkan MySql untuk menyimpan data ke dalam basis data.
c.          Perancangan Antar Muka Pemakai
Antar muka pemakai untuk fasilitas komunikasi antar pemakai dan sistem dan menjadi fasilitas informasi dan berbagai keterangan yang bertujuan untuk membantu mengarahkan proses penelusuran masalah sampai ditemukan solusinya. Antar muka ini dirancang menggunakan Adobe Photoshop sesuai dengan alur kerja sistem dan estetika.

3.2.3         Fase Konstruksi

Penulis menggunakan software Sublime sebagai pembuatan antar muka dan editor kode program. Tahap ini menerjemahkan proses sistem yang telah dibuat ke dalam bentuk kode sehingga jadi sistem yang diinginkan.

3.2.4         Fase Pelaksanaan

              Tahap ini dilakukan pengujian terhadap sistem yang dibuat.  Ini bertujuan sistem yang dibuat tidak terjadi kesalahan dan berjalan dengan baik. Jika terjadi kesalahan , dapat diperbaiki  dalam pengembangan sistem selanjutnya.


Artikel Terkait



Advertisements


Title : Metode Pengembangan Sistem
Description :       Penulis menggunakan model RAD karena melihat aplikasi yang dikembangkan adalah aplikasi yang sederhana dan tidak membutuhkan waktu ya...

0 Response to "Metode Pengembangan Sistem"

Post a Comment