Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

Pengertian Website



Advertisements




World Wide Web (www) atau biasa disebut dengan web, merupakan salah satu sumber daya internet yang berkembang pesat. Informasi web didistrimusikan melalui pendekatan hypertext, yang memungkinkan suatu teks pendek menjadi acuan untuk membuka dokumen lain. Dengan pendekatan hypertext ini seseorang dapat memperoleh informasi dengan melompat dari suatu dokumen ke dokumen yang lain. Dokumen – dokumen yang diakseskan dapat tersebar diberbagai mesin dan bahkan diberbagai negara. Perubahan informasi dalam halaman – halaman web dapat ditangani melalui perubahan data, bukan melalui perubahan program kecuali jika memang diharuskan adanya perubahan dari sintaknya atau kode programnya. Sebagai implementasinya, aplikasi web dapat dikoneksikan ke basis data terutama macromedia dreamweaver dengan sintak program PHP dengan PHPMyAdmin (Sunarto, 2009)
Pengertian Website

Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang mmbentuk satu rangkaian bangunan dengan jaringan – jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah – ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website.



2.3.2.     Web Server

Web server adalah software server yang digunakan untuk menyimpan halaman web. Web server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser seperti Internet Explorer, Firefox dan program browser lainnya. Jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan itu kemudian memberikan hasil prosesnya berupa data yang diinginkan kembali ke browser. Data ini mempunyai format standar, disebut dengan format SGML (standart general markup language). Data yang berupa data ini kemudian akan ditampilkan oleh browser sesuai dengan kemampuan browser tersebut. Contohnya, bila data yang dikirim berupa video, browser yang digunakan tidak mendukung maka video tersebut tidak dapat dibuka melalui browser tersebut. (Nugroho, 2004)

2.3.3.     Web Browser

Web browser adalah software yang digunakan pada komputer user yang berguna untuk meminta informasi dari web server dan memilik fungsi lain sebagai penerjemah dari kode – kode instruksi yang ada pada halaman web untuk ditampilkan pada layar komputer sesuai dengan yang diinginkan oleh user.

2.7.  HTML (Hyper Text Markup Language)

Menurut Sibero (2011), HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa yang digunakan pada dokumen web sebagai bahasa untuk pertukaran dokumen web.
Menurut Sutarman (2012), HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa standar yang digunakan untuk pembuatan halaman web atau word wide web, dengan hypertext dan informasi lain yang akan ditampilkan pada halaman web. Dokumen hypertext bisa berisi teks, gambar, dan tipe informasi lain seperti data file, audio, video, dan program executeable.
Menurut Kustiyahningsih (2011), HTML kependekan Hyper Text Markup Language. Dokumen HTML adalah text file murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang. Dokumen ini dikenal sebagai web page. File-file HTML ini berisi instruksi-instruksi yang kemudian diterjemahkan oleh browser yang ada di komputer client (user) sehingga isi informasinya dapat di tampilkan secara visual di komputer pengguna.



Berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat kami simpulkan bahwa HTML adalah bahasa yang tepat untuk menampilkan informasi pada web page, HTML menampilkan informasi yang berbentuk hypertext dan juga mendukung perintah- perintah yang dapat digunakan untuk mengatur posisi tampilan informasi tersebut.


Artikel Terkait



Advertisements


Title : Pengertian Website
Description : World Wide Web (www) atau biasa disebut dengan web, merupakan salah satu sumber daya internet yang berkembang pesat. I...

0 Response to "Pengertian Website"

Post a Comment