Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

Metode System Development Life Cycle (SDLC)



Advertisements




System Development Life Cycle adalah kerangka kerja terstruktur yang berisi tahapan perintah untuk mencapai suatu tujuan. System Development Life Cycle merupakan siklus sistem dengan metode tradisional yang digunakan banyak organisasi. (R. Kelly, Jr. Rainer, Efraim Turban, Richard E. Potter, 2006)
Menurut Susanto (2007), System Development Life Cycle adalah salah satu metode pengembangan sistem informasi yang popular pada saat sistem informasi pertama kali dikembangkan.



Gambar 2.2 System Development Life Cycle



Metode SDLC adalah tahap-tahap pengembangan sistem informasi yang pertama kali dikembangkan yang dilakukan oleh analisis sistem dan programmer untuk membangun sebuah sistem informasi. Metode SDLC ini seringkali dinamakan sebagai proses pemecahan masalah, yang langkah-langkahnya adalah:
1.      Analisis
Tahap mempelajari sistem informasi yang sedang berjalan sangat berguna untuk mengetahui sebab dan akibat yang ditimbulkan oleh masalah, sehingga akan menghasilkan pelaporan yang mengungkapkan adanya permasalahan.
2.       Perancangan
Memahami bagaimana menterjemahkan keinginan pemakai sistem informasi tersebut kedalam bahasa komputer, untuk memulai merancang suatu sistem informasi baru yang meliputi: input, file-file database dan output, bahasa yang digunakan, metode dan prosedur serta pengendalian.
3.      Penerapan
Hasil penyusunan sistem informasi adalah sebuah software komputer yang siap digunakan untuk kebutuhan user untuk dioperasikan.
4.      Pemeliharaan

Pemeliharaan yang dilakukan analis adalah dengan melakukan perbaikan dan pemeliharaan pada kesalahan atau kegagalan yang timbul dalam penggunaan sistem informasi.
Artikel Terkait



Advertisements


Title : Metode System Development Life Cycle (SDLC)
Description : System Development Life Cycle adalah kerangka kerja terstruktur yang berisi tahapan perintah untuk mencapai suatu tujuan. System Develo...

0 Response to "Metode System Development Life Cycle (SDLC)"

Post a Comment