Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

Tugas Manajemen Layanan Teknologi Informasi



Advertisements




Penentuan Core Business





Disusun Oleh :

Adriyanto Yusuf Budiman                       (11140910000009)
Fajar Nugraha Wahyu                             (11140910000013)
Hafsah Mawarni                                        (11140910000007)
Muhammad Aldi Agustian                       (11140910000016)
                                     

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SYARIFHIDAYATULLAH
JAKARTA
2017




Jasa Ekspedisi Barang semakin menggeliat sekarang ini. Pasalnya pasar pemesanan online semakin meningkat dan bertaburannya berbagai online shop luar dan dalam negeri membuat ekspedisi barang menjadi sosok penting.
Kami menggunakan organisasi Jasa Ekpedisi dalam tugas ini, terdapat 3 Core Bisnis yaitu:
1.       Freight Forwarder
2.       Logistic Project Moving
Logistic Project Moving adalah service dimana untuk menyewakan keperluan bongkar muat dan distribusi barang dalam jumlah besar.
3.       Warehouses and Distribution
Dalam Business Layer, Kami membuat bagian dari Freight Forwarder dan Logistic Project Moving :
1.       Freight Forwarder
a.       Pengiriman Domestic
b.      Pengiriman Internasional
2.       Logistic Project Moving
a.       Tools
penyewaan tools seperti alat berat untuk bongkar muat barang container dan sebagainya.
b.      Transportations
transportasi untuk distribusi logistic barang pabrik yang menyewa jasa kami.
Dalam estimasi IT service nya, Kami memiliki beberapa usulan untuk setiap Business proses :
1.       Freight Forwarder pada Pengiriman Domestic dan Internasional
a.       Popbox
Service Popbox adalah menyediakan box penyimpanan ditempat – tempat strategis dan aman seperti mall, stasiun dan halte transportasi umum untuk menyimpan barang kiriman. Jadi barang disimpan dibox itu oleh kurir / orang yang ingin mengirimkan barang keseseorang , box itu akan otomatis memberitahu kepada orang yang akan dikirim barang melalui email yang sudah terintegrasi dengan sistem. Dan penerima barang bisa mengambil barang ini di box ditempat yang telah diberitahu di email tersebut. Yang dibutuhkan adalah box dan sistemnya, server untuk menyimpan sistem dan email untuk memberitahu kedua belah pihak.
b.      Aplikasi Pick Up Barang
Aplikasi Pick up barang, ini bertujuan memudahkan client mengirimkan barang agar client tidak perlu ke agen untuk mengirimkan, tapi kami jemput melalui pemesanan aplikasi ini. Yang dibutuhkan di aplikasi pickup barang ini tentu saja Server untuk menyimpan data dan API serta email untuk berkomunikasi.
c.       Core Aplication
Freight Forwarder ini memiliki core application yang merupakan jantung dari core business ini yaitu Sistem Informasi Ekspedisi yang isinya data tentang ekspedisi ini secara keseluruhan. Dan Sistem Tracking Ekspedisi yang tentuya membantu client maupun perusahaan untuk memantau jalannya pengiriman. Agar bisnis ini dapat berjalan dengan baik, di Core Application ini perlu Server dan email di IT servicenya.
2.       Logistic Project Moving
a.       Tools
b.      Transportations
3.       Warehouses and Distribution
a.       Sistem Informasi Sewa Gudang

Tiga Core Bussiness yang vital di ekspedisi barang. Freight Forwarder dibagi menjadi pengiriman domestic dan internasional. Di pengiriman domestic kita perlu service popbox agar kekinian dan meluaskan pasar, aplikasi pickup barang, sistem informasi ekspedisi, dan sistem tracking ekspedisi.
Dibagi menjadi 2 yaitu dan Disini IT service yang dibutuhkan tentu Sistem management tools sebagai core application yang membantu jalannya core business ini. Penyewaan tools serta kepentingan didalamnya seperti nomor tools, siapa pengemudinya dan untuk barang apa serta lokasi penyewaan dimanage disini. Lalu ada Sistem penyewaan transportasi, sebagai core business yang isinya tentang data penyewaan transportasi. Lalu ada juga aplikasi pickup barang untuk  client bisa meminta jasa penyewaan transportasi kami misalnya untuk pindahan, atau bongkar muat dalam skala kecil. Setelah itu ada sistem tracking ekspedisi, disini ada 2 sisi, sisi client dan sisi perusahaan agar bisa mentrack apakah benar barang dikirimkan , untuk menghindari terlambatnya pengirima barang. Agar lebih maksimal dan lebih efisien maka dari itu perlu sistem tarck. Di Core business ini dibutuhkan IT service berupa Server dan email untuk menunjang sistem yang ada.

Core Business yang ketiga adalah Warehouses and Distribution disini kami menyediakan jasa sewa gudang untuk logistic anda. Anda juga bisa menyewa kami sekaligus untuk distribusinya. Sewa gudang ini sangat membantu sekali jika bisnis anda mulai besar dan butuh tempat penyimpanan misalnya bisnis furniture. Layanan IT yang dibutuhkan adalah Sistem informasi Penyewaan Gudang. Ini vital peranannya agar gudang bisa dikontrol dan barang yang ada didalam gudang bisa juga dikontrol stoknya. IT service yang dibutuhkan adalah Server dan email agar sistem ini bisa bekerja dengan baik.
Artikel Terkait



Advertisements


Title : Tugas Manajemen Layanan Teknologi Informasi
Description : Penentuan Core Business Disusun Oleh : Adriyanto Yusuf Budiman                       (11140910000009) Fajar Nugraha...

0 Response to "Tugas Manajemen Layanan Teknologi Informasi"

Post a Comment