Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

Pengertian Informasi



Advertisements



2.1.1.     Pengertian Informasi
Beberapa pendapat mengenai pengertian informasi menurut para ahli, dimana pengertian informasi itu pada dasarnya sama dan saling melengkapi, yaitu:
·        Menurut Kroenke (2005) mengatakan bahwa Informasi adalah jumlah ketidakpastian yang dikurangi ketika sebuah pesan diterima artinya dengan adanya sistem informasi, tingkat kepastian menjadi meningkat.
·        Menurut Davis (2002) mengatakan bahwa Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang.






Dalam menjalankan suatu kegiatan sangat diperlukan suatu informasi, karena tanpa informasi suatu kegiatan organisasi akan baku dan tidak adanya masukan dari luar, dalam hal ini perkembangan tentang informasi yang baru. Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya, yang menggambarkan suatu kegiatan-kegiatan yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

2.1.2.     Siklus Informasi

Data merupakan bentuk yang belum diolah, jika diibaratkan makanan maka makanan tersebut belum dimasak sehingga wujudnya masih mentah. Data masih sederhana sehingga masih perlu dikelola kembali untuk dijadikan suatu informasi yang lebih berguna dan lebih bermanfaat bagi pemiliknya. Data yang diolah melalui suatu model untuk menjadi informasi, kemudian informasi tersebut diterima oleh pemilik data. Dari informasi yang diterima, dapat membantu dalam membuat suatu keputusan dan menjadi acuan dalam melakukan tindakan, yang berarti tindakan tersebut akan memicu tindakan yang lain yang akan menghasilkan sejumlah data lainnya. Data tersebut disebut juga sebagai input, yang kemudian akan diproses melalui sebuah model dan seterusnya akan membentuk suatu siklus.

2.1.3.     Kualitas Informasi

Kualitas dari suatu informasi (quality of information) tergantung dari tiga hal, yaitu informasi harus akurat (accurate), tepat waktu (time liness) dan relevan (relevance). Akurat berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan yang dapat merubah informasi tersebut. Tepat waktu berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan memiliki nilai lagi, karena informasi merupakan landasan didalam pengambilan keputusan. Relevan berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk penggunanya. Relevansi informasi bagi tiap-tiap orang sifatnya berbeda.



2.1.4.     Fungsi Informasi


Fungsi utama dari informasi adalah untuk menambah pengetahuan dan mengurangi ketidakpastian penggunaan informasi. Fungsi informasi untuk mengarahkan pengambilan keputusan mengenai apa yang harus dilakukan dan mengurangi keanekaragaman dan ketidakpastian yang dapat menyebabkan diambilnya keputusan yang tidak tepat.
Artikel Terkait



Advertisements


Title : Pengertian Informasi
Description : 2.1.1.      Pengertian Informasi Beberapa pendapat mengenai pengertian informasi menurut para ahli, dimana pengertian informasi itu pa...

0 Response to " Pengertian Informasi"

Post a Comment