Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

Pengertian Logistik



Advertisements




Menurut Bowersox (2002) Logistik didefinisikan sebagai proses pengelolaan yang srategis terhadap pemindahan dan peyimpanan barang, suku cadang dan barang jadi dari supplier kepada pelanggan.
Menurut Siagian (2005) Logistic didefinisikan sebagai bagian dari proses rantai suplai (supply chain) yang berfungsi merencanakan, melaksanakan, mengontrol secara efektif, efisien proses pengadaan, pengelolaan, penyimpanan barang, pelayanan dan informasi mulai dari titik awal (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dengan tujuan memenuhi kebutuhan customer.
Menurut Lukas Dwiantara & Rumsari H.S. (2004) Logistik didefinisikan sebagai segala sesuatu atau benda yang berwujud dan dapat diperlakukan secara fisik (tangible), baik yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan pokok maupun kegiatan  penunjang (administrasi).
Berdasarkan definisi-definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa logistik adalah perencanaan, pelaksanaan, pengendalian faktor produksi secara efektif dan efisien dalam rangka memperoleh barang atau jasa sejak dari titik permulaan ke titik konsumsi sesuai dengan harapan pelanggan.


2.8.  Pelayanan Jasa Pengiriman Barang

Menurut Mulyadi (2001) sistem pengiriman barang adalah suatu kegiatan pengiriman barang karena adanya penjualan barang. Penjualan sendiri terdiri atas transaksi penjualan barang atu jasa, baik secara tunai maupun kredit. Secara umum pengiriman barang adalah pengiriman barang fisik yang berasal dari gudang ke tempat tujuan yang sesuai dengan dokumen pemesanan dalam kondisi yang sesuai dengan jenis barangnya.

Artikel Terkait



Advertisements


Title : Pengertian Logistik
Description : Menurut Bowersox (2002) Logistik didefinisikan sebagai proses pengelolaan yang srategis terhadap pemindahan dan peyimpanan barang...

0 Response to "Pengertian Logistik"

Post a Comment