Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

PREDIKSI HARGA MOBIL BEKAS DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR



Advertisements



PREDIKSI HARGA MOBIL BEKAS DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR

Fajar Nugraha Wahyu
Program Studi Teknik Informatika
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Alfat Nursyahban
Program Studi Teknik Informatika
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam NegeriSyarif Hidayatullah Jakarta

Yunita Riska Andayani
Program Studi Teknik Informatika
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
















ABSTRAK
Sebuah data harga mobil yang akurat adalah hal yang penting untuk perkembangan sehat pasar mobil bekas. Data mining telah diterapkan untuk memprediksi harga mobil bekas di beberapa penelitian. Namun, sedikit yang dipelajari menggunakan algoritma dalam estimasi harga mobil bekas. Makalah ini mengumpulkan lebih dari 200 data mobil bekas dengan berbagai atribut yang bersangkutan untuk melakukan analisis empiris menggunakan algoritma regresi linier. Algoritma ini akan bekerja dengan tujuh atribut data mobil bekas lainnya. Model regresi linier memprediksi rata-rata kolom target yang diberikan fitur input. Dalam beberapa aplikasi seperti prediksi harga, penelitian ini untuk memprediksi kisaran atau keseluruhan distribusi kolom target daripada perkiraan tunggal. Dalam percobaan ini, peneliti mencoba memprediksi harga sebuah mobil yang diberikan atribut yang terkait dengan regresi dari suatu mobil lainnya. Penelitian ini menggunakan software rapidminer untuk data mining dan fminer professional untuk scraper data acak dari website www.carmudi.co.id untuk data harga mobilnya.
Kata Kunci: Harga mobil bekas, Data Mining, Regresi Linear, Rapidminer.


ABSTRACT
            An accurate car price data is essential to the healthy development of the used car market. Data mining has been applied to predict used car prices in several studies. However, little is learned using algorithms in second-hand car price estimates. This paper collects more than 200 used car data with various attributes concerned to perform empirical analysis using linear regression algorithm. This algorithm will work with seven other used car data attributes. The linear regression model predicts the target column average given the input feature. In some applications such as price prediction, this study predicts the range or overall distribution of target columns rather than single estimates. In this experiment, researchers tried to predict the price of a given car attribute associated with the regression of another car. This research uses rapidminer software for data mining and fminer professional for scraper random data from website www.carmudi.co.id car price data. Finally later generated predicate table of car prices with related attributes that can be used as a benchmark to take a decision to buy and sell cars.
Keywords: Used car price, Data Mining, Linear Regression, Rapidminer.








PENDAHULUAN
Dengan meningkatnya kepemilikan mobil, pasar mobil bekas menunjukkan potensi besar. Sebuah evaluasi harga mobil bekas sangat penting  untuk pelanggan mengetahui harga wajar mobilnya sehingga dapat membuat mereka membeli atau menjual mobil bekas tanpa khawatir. Untuk perusahaan penyewaan mobil, memprediksi nilai sisa berguna untuk harga layanan sewa mereka. Uagi bank dan lembaga keuangan lainnya, mengevaluasi harga dari mobil calon peminjam dapat membantu mereka mengontrol kuota pinjamannya. Dengan demikian, ini merupakan topik penting dan menarik.
Banyak penelitian telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir di memprediksi harga mobil bekas dengan data mining. Oprea C. dan C. Ozgur mencoba untuk membangun model regresi linear di masing-masing tahun 2010 dan 2016.  Lessmann membangun sebuah bekas harga mobil mengevaluasi model untuk perusahaan leasing dengan Mesin Vector didukung. Jian-Da Wu dan Shen Gongqi mencoba untuk memecahkan masalah ini dengan jaringan saraf tiruan pada tahun 2009 dan 2011 masing-masing. Y Soejima menemukan bahwa K-Nearest Neighbor Regression dapat meningkatkan akurasi estimasi harga mobil bekas. Sebuah Demiriz diterapkan analisis survival untuk prediksi harga mobil bekas di tahun 2014.
S Pudaruth dibandingkan hasil dari empat teknik yang berbeda: regresi linear, k- nearest neighbor regression, dan naïve bayes dan pohon keputusan. Semua metode memberikan kinerja yang sebanding, tetapi akurasi prediksi tampaknya tidak begitu memuaskan. Dengan analisis teoritis, kita berpikir bahwa random forest dapat membantu membangun model dengan akurasi yang tinggi. Untuk memastikan itu, kami memperoleh database yang lebih besar dan mencoba untuk melakukan perbandingan model regresi linier.

Efek  dari model regresi dapat dipengaruhi oleh tiga faktor: algoritma, jumlah variabel penjelas dan jumlah sampel. Studi makalah ini bagaimana regresi linier dan hutan acak tampil di model dengan kompleksitas yang berbeda. Tujuannya adalah untuk mengetahui model yang optimal untuk memprediksi harga mobil bekas. Dengan batasan masalah adalah hanya membahas data mining dan cara menarik data dengan Fminer dan Rapidminer, tidak membahas perbandingan algoritma atau perbandingan model.

prediksi-harga-mobil

Artikel Terkait



Advertisements


Title : PREDIKSI HARGA MOBIL BEKAS DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR
Description : PREDIKSI HARGA MOBIL BEKAS DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR Fajar Nugraha Wahyu Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains ...

0 Response to "PREDIKSI HARGA MOBIL BEKAS DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR"

Post a Comment