Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

IDENTIFIKASI CARA PENGAMBILAN DATA JURNAL



Advertisements



TUGAS RISET TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
IDENTIFIKASI CARA PENGAMBILAN DATA JURNAL
Tugas untuk memenuhi nilai tugas mata kuliah riset teknologi informasi dan komunikasi



Disusun oleh:

Fajar Nugraha Wahyu                             (11140910000013)

                                      


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SYARIFHIDAYATULLAH
JAKARTA
2017

No
Judul
Masalah
Data Pendukung
Sumber
1
IMPLEMENTASI TEKNOLOGI BIG DATA DI LEMBAGA PEMERINTAHAN INDONESIA Siti Mujilahwati Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Islam Lamongan
Melalui teknologi informasi, triliunan byte data diciptakan setiap hari dari berbagai sumber, seperti dari media sosial, sensor, video surveillance, dan smart grids. Lautan data ini mengarah pada satu terminologi Big Data. Data memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan strategis. Oleh karenanya, pihak yang mampu mengolah dan memanfaatkan data-data yang tersedia dalam volume besar, keragaman variatif, kompleksitas tinggi dan kecepatan penambahan data yang tinggi, dapat mengambil keuntungan yang besar. Namun sayangnya, penerapan Big Data analitik masih belum begitu populer di Indonesia
Di level internasional, beberapa penelitian pernah dilakukan untuk mengukur status implementasi Big Data di beberapa organisasi. Salah satunya penelitian ‘Big Data Survey’, yang dilakukan oleh Capgemini Consulting pada tahun 2014 kepada 226 pimpinan perusahaan/organisasi global di kawasan Eropa, Amerika Utara dan AsiaPasifik. Hasil penelitian menemukan bahwa paling banyak (35%) dari organisasi yang diteliti berada pada tahap partial production, dimana teknologi predictive analytics sudah diintegrasikan pada sebagian proses bisnis. Sementara lainnya berada pada tahap perencanaan konsep (29%), belum diimplementasikan (24%), dan hanya 13% yang sudah mencapai tahap pemanfaatan secara matang (Colas, 2014)
Study Literatur
Yaitu (Colas, 2014)
2
EKSPERIMEN SISTEM KLASIFIKASI ANALISA SENTIMEN TWITTER PADA AKUN RESMI PEMERINTAH KOTA SURABAYA BERBASIS PEMBELAJARAN MESIN
Nuke Y. A. Faradhillah, Renny P. Kusumawardani Irmasari Hafidz
Salah satu fungsi tugas dari pemerintah adalah menyebarluaskan informasi, mengomunikasikan kebijakan, rencana kerja, dan capaian kinerja kepada masyarakat luas, melalui media tradisional, media konvensional, dan media baru. Komunikasi dengan menggunakan media baru atau teknologi internet dapat menjangkau langsung dan cepat kepada semua pihak yang saat ini telah dinikmati secara luas. Masyarakat telah mengalami perubahan pola pikir ke arah yang semakin kritis dalam menanggapi kondisi yang ada, dimana dengan adanya kondisi seperti ini maka kinerja pemerintah dituntut untuk mampu memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat dalam segala aspek
Berdasarkan data statistik dari sosmedtoday.com hingga Agustus 2014 tentang penggunaan media sosial di Indonesia, terdapat sekitar 70 juta masyarakat Indonesia yang aktif dalam media sosial
Study Litelatur dari sosmedtoday.com
3
Twitter Data Analytics: Geospatial Data Extraction and Analysis  
Edi Surya Negara, Ria Andryani, Prihambodo Hendro Saksono
Perkembangan media sosial yang semakin pesat,                                                            
memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan komunikasi. Selain untuk media komunikasi, media sosial juga telah banyak dimanfaatkan pada berbagai bidang seperti sosial, politik, ekonomi, pertahanan, keamanan dan lainlain melalui  social  media  analytics
1. Berdasarkan survei yang lakukan  oleh Global  Web  Index  pada  Januari 2014, pengguna  internet  di  Indonesia  mencapai
 72.700.000 pengguna dari total jumlah penduduk Indonesia sebanyak 251.160.124 jiwa. Survei tersebut juga menunjukkan pengguna aktif media sosial mencapai 79,7% dari total pengguna internet  di Indonesia.
2. Rilis hasil survei yang dilakukan oleh Pew Research Center dari tahun 2012 sampai tahun 2014 tentang jumlah pengguna media sosial, hasil tersebut menunjukkan bahwah media sosial yang paling yang paling populer digunakan oleh pengguna dengan umur diatas 18 tahun adalah Facebook (71%), Linkedln (28%), Pinterest (28%), Instagram (26%), dan Twitter (23%)
Study Litelatur Global   Web   Index,   “Survei   data   global   web index,” 2014. [Online]. Available: https://www. globalwebindex.net/

Study Litelatur
M.  Duggan,  N.  Ellison,  C.  Lampe,  A.  Lenhart, and M. Madden, “Social media update 2014,” Pew Research Center, 2015.
4
BOT SPAMMER DETECTION IN TWITTER USING TWEET SIMILARITY AND TIME INTERVAL ENTROPY 
Rizal Setya Perdana, Tri Hadiah Muliawati, and Reddy Alexandro
Ketenaran Twitter mengundang spammer untuk menggunakannya dalam penyebarluasan pesan spam. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kebanyakan pesan spam dihasilkan secara otomatis oleh bot. Deteksi bot spammer akan dapat mengurangi jumlah pesan spam pada Twitter secara signifikan.
In last quarter of 2012, Twitter has been reported by Global Web Index as the fastest-growing website with a growth rate in active users of 714% since July 2009 [1]. Moreover, Twitter belongs to top 10 most viewed websites in Nov-ember 2014 [2]. Twitter is micro-blogging service that was founded in 2006. Twitter users are facilitated to communicate with each other by producing text-based post better known as tweet. The tweet size is limited to 140 characters. In total, there are 500 million tweets published by Twitter users per day. Its simplicity has attracted huge amount of people to join. Currently it has up to 284 million monthly active users[3]
STUDY LITELATUR [1]T.J. McCue, Twitter Ranked Fastest Growing Social Platform in the World, http:// www.forbes.com/sites/tjmccue/2013/01/29/T witter-ranked-fastest-growing-social-platfor m-in-the-world/, 2013, retrieved December 1, 2014.
[2] Alexa, The Top 500 Sites on The Web, http://www.alexa.com/topsites, 2014, retrieved December 1, 2014.
[3] About Twitter, https://about.Twitter.com/co mpany, 2014, retrieved December 1, 2014.
5
DEVELOPING GIS-BASED SOCIAL COMMERCE APPLICATION ON ANDROID USING ITERATIVE AND INCREMENTAL METHOD TELKOM UNIVERSITY 
I Made Prawira Indrawan, Soni Fajar Surya Gumilang, Muhammad Azani Hasibuan
Indonesia adalah negara yang memiliki potensi dalam e-commerce dengan pembeli online yang sangat banyak. Namun ternyata sebagian besar pembeli ini lebih memilih berbelanja di media sosial atau forumforum jual beli dibandingkan toko online konvensional. Selain itu, sebagian besar pembeli ini mengaku kesulitan mencari barang atau jasa di sekitar. Melihat karakteristik ini, maka perlu dibangun sebuah ecommerce yang memiliki unsur media sosial dan forum-forum jual beli. Selain itu perlu juga ditambahkan Geographic Information System (GIS) untuk memudahkan pengguna mencari barang atau jasa di sekitar
Menurut eMarketer, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 adalah 83,6 juta orang dengan penetrasi sebesar 33% [1].
Menurut Statista, setidaknya ada 66,4 juta orang di Indonesia menggunakan media sosial minimal sebulan sekali pada tahun 2014 [2]
STUDY LITELATUR
[1]  eMarketer, "In Indonesia, a New Digital Class Emerges," 12 March 2013. [Online]. Available: http://www.emarketer.com/Article.aspx?R=1009723. [Accessed 5 December 2014].
[2]  Statista, "Number of Social Network Users in Selected Countries in 2014 and 2018," [Online]. Available: http://www.statista.com/statistics/278341. [Accessed 30 November 2014].



Artikel Terkait



Advertisements


Title : IDENTIFIKASI CARA PENGAMBILAN DATA JURNAL
Description : TUGAS RISET TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI IDENTIFIKASI CARA PENGAMBILAN DATA JURNAL Tugas untuk memenuhi nilai tugas mata kuliah r...

0 Response to "IDENTIFIKASI CARA PENGAMBILAN DATA JURNAL"

Post a Comment