Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

Pengertian Kriptografi Secara Umum



Advertisements



 Kriptografi

Kriptografi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu “cryptos” yang artinya “secret” atau rahasia dan “graphein” yang artinya “writing” atau tulisan. Jadi kriptografi berarti juga “secret writing” atau tulisan rahasia. Dalam beberapa referensi juga ada beberapa definisi kriptografi, diantaranya :
1.       Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga keamanan pesan[3].

2.       Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari tentang teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek-aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan, integritas data, serta otentikasi[2].
Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kriptografi adalah suatu ilmu atau seni untuk merahasiakan sebuah informasi penting dengan fungsi dan algoritma-algoritma matematika sehingga informasi tersebut tidak diketahui oleh orang yang tidak berhak.
Kriptografi memiliki sejarah yang panjang dan mengagumkan. Informasi mengenai sejarah kriptografi ini dapat ditemukan dalam buku karangan David Kahn yang berjudul the codebreakers [4]. Contohnya tulisan hieroglyph yang digunakan bangsa Mesir 4000 SM serta penggunaan kriptografi pada abad ke-
20. Buku tersebut selesai dibuat pada tahun 1963 dan banyak menceritakan tentang sejarah kriptografi yang mayoritas digunakan dalam kalangan militer, diplomatik, dan pemerintahan pada umumnya.



Beberapa istilah yang sebaiknya diketahui dalam bidang ilmu kriptografi diantaranya sebagai berikut :
1.       Plaintext adalah informasi asli sebelum dienkripsi atau teks terang.

2.       Enkripsi adalah suatu proses transformasi plaintext menjadi ciphertext.

3.       Ciphertext adalah informasi acak yang berasal dari plaintext yang telah dimasukkan kedalam fungsi dan algoritma-algoritma matematika.
4.       Dekripsi adalah suatu proses pengubahan ciphertext menjadi plaintext.

5.       Kriptoanalisis adalah ilmu dan seni untuk memecahkan cipherteks menjadi plainteks tanpa mengetahui kunci yang digunakan.
6.       Kriptoanalis adalah orang yang melakukan kriptoanalisis.

7.       Kriptologi adalah ilmu tentang kriptografi dan kriptoanalisis.

8.       Sistem Kriptografi adalah kumpulan yang terdiri dari algoritma kriptografi, semua plainteks dan cipherteks yang mungkin, dan kunci.
9.       Penyadap adalah orang yang ingin mencoba mengetahui pesan selama pesan dikirim/ditransmisikan.




Dalam teknologi informasi, telah dan sedang dikembangkan cara-cara untuk menangkal berbagai bentuk serangan semacam penyadapan dan pengubahan data yang dikirimkan. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengatasi masalah ini ialah menggunakan kriptografi yang menggunakan transformasi data sehingga data yang dihasilkan tidak dapat dimengerti oleh pihak yang tidak berhak mengakses.




Transformasi ini memberikan solusi pada dua macam masalah keamanan data, yaitu masalah privasi dan keotentikan. Privasi mengandung arti bahwa data yang dikirimkan hanya dapat dimengerti oleh penerima yang berhak. Sedangkan keotentikan mencegah pihak ketiga untuk mengirimkan data yang salah atau mengubah data yang dikirimkan.
Artikel Terkait



Advertisements


Title : Pengertian Kriptografi Secara Umum
Description :   Kriptografi Kriptografi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu “ cryptos ” yang artinya “ secret ” atau rahasia dan “ graphein ” yang ar...

0 Response to "Pengertian Kriptografi Secara Umum"

Post a Comment