Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

Cara membuat Seven Segmen



Advertisements



Langkah Merangkai
1. Potong pcb sesuai ukuran layout, bersihkan pcb dari kotoran, potong kertas layout pcb lebih lebar 1-2cm dari layout pcb, tempelkan kertas layout pada PCB ( kertas yang ada tintanya menghadap permukaan tembaga pada PCB ) dan sesuaikan posisinya, lipat ujung kertas yg sudah ditempelkan ke bagian belakang pcb, rekatkan dengan isolasi bening agar kertas tidak bergeser.
2. Tuangkan lotion anti nyamuk secukupnya diatas piring, beri sedikit air agar tidak terlalu kental.
3. Oleskan lotion anti nyamuk pada bagian luar kertas layout yg sudah ditempelkan pada PCB sampai merata.
4. Tutup kertas yang sudah diolesi lotion anti nyamuk dengan pelastik transparan.
5. Gosok layout yang sudah diolesi lotion anti nyamuk menggunakan uang koin sampai merata, yg digosok plastik transparannya, plastik transparan berguna untuk menghindari kertas sobek saat proses penggosokan dengan koin, gosok 2-3 menit atau sampai kertas kering.
6. Setelah kering rendam dalam air dingin sampai kertas menjadi lunak, gosok kertas secara perlahan menggunakan ibu jari agar kertas bisa lepas dari pcb, periksa layout yg sdh menempel di pcb, jika ada jalur yang tipis tebalkan menggunakan spidol permanent, bersihkan sisa kertas di luar jalur pcb agar proses pelarutan bisa lebih cepat.
7. Larutkan dalam cairan FeCl3 seperti biasanya.
8.Lalu Bor sesuai dengan jalur yang ada.
9.Kemudian Rangkai sesuai jalur yang kita buat. Pasang kompnen-komponen yang diperlukan. Pasang Socket IC,resistor,switch,7 segment dan kabel jumper.
10 .Lalu sambungkan komponen dengan jalur dengan menggunakan solder

11. Setelah semua terpasang bear. Cek dengan menyalakan rangkaian dengen disambungkan ke Baterai.




Artikel Terkait



Advertisements


Title : Cara membuat Seven Segmen
Description : Langkah Merangkai 1. Potong pcb sesuai ukuran layout, bersihkan pcb dari kotoran, potong kertas layout pcb lebih lebar 1-2cm dari layout ...

0 Response to "Cara membuat Seven Segmen"

Post a Comment