Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

Kriptografi Modern



Advertisements





Perbedaan kriptografi modern dengan kriptografi klasik, yaitu pada kriptografi modern sudah menggunakan perhitungan komputasi atau program dalam  pengoperasiannya,  yang  berfungsi  mengamankan  data   baik    yang





ditransfer melalui jaringan komputer      maupun tidak. Hal ini  sangat berguna untuk keamanan, integritas, dan keaslian data.
Pada   kriptografi     modern    umumnya    karakter-karakter     yang    akan dioperasikan seperti plainteks dan kunci, maupun cipherteks dikonversikan kedalam suatu urutan digit biner yaitu 0 dan 1, yang umumnya digunakan untuk skema pengkodean American Standart Code for Information Interchange (ASCII).
Berdasarkan kunci yang digunakan dalam kriptografi modern dibagi menjadi dua, kunci simetris dan asimetris. Algoritma kriptografi kunci simetris, yaitu : pertama stream cipher dan kedua blok cipher. Pada stream cipher metode yang digunakan dengan sejumlah urutan dari bit dienkripsi secara bit per bit. Untuk blok cipher, suatu urutan pembagian dibentuk dalam ukuran blok yang diinginkan sehingga dapat dioperasikan blok per blok.
Berikut ini adalah contoh penulisan dan representasi bilangan desimal (basis 10), heksadesimal (basis 16), dan bit (basis dua). Dapat dilihat bahwa dengan menggunakan 4 bit akan didapatkan bilangan desimal dari 0 sampai dengan 15, seperti berikut ini :
Tabel 2.1 Representasi Desimal, Heksadesimal, dan bit
Dec
Hexa
Bit
0
0
0000
1
1
0001
2
2
0010
3
3
0011
4
4
0100
5
5
0101

Dec
Hexa
Bit
12
C
1100
13
D
1101
14
E
1110
15
F
1111

Dec
Hexa
Bit
6
6
0110
7
7
0111
8
8
1000
9
9
1001
10
A
1010
11
B
1011





Algoritma kunci lainnya adalah algoritma asimetris atau biasa disebut dengan kriptografi kunci-publik, sebab kunci untuk enkripsi diumumkan kepada publik sehingga dapat diketahui oleh siapapun, sedangkan kunci untuk mendekripsikannya hanya diketahui oleh penerima pesan karena itu rahasia. Oleh karena itu, kunci yang digunakan untuk enkripsi disebut kunci publik, sedangkan kunci yang digunakan untuk dekripsi disebut kunci pribadi atau kunci rahasia.
Skema enkripsi dan dekripsi algoritma simetris dan asimetris ini dapat dilihat pada lampiran 1. Pada skema tersebut terlihat bahwa perbedaan antara kedua algoritma adalah kunci yang digunakan. Algoritma simetris menggunakan satu kunci yang sifatnya rahasia untuk enkripsi maupun dekripsi, sedangkan algoritma asimetris menggunakan dua kunci yang sifatnya rahasia untuk dekripsi dan umum untuk enkripsi.
Persamaan enkripsi dan dekripsi algoritma simetris dan asimetris dapat dilihat sebagai berikut :
1.       Enkripsi dan dekripsi algoritma simetris

C = E Pb ( P )                                               ( 2.1 )

P = D Px ( C )                                               ( 2.2 )

2.     Enkripsi dan dekripsi algoritma asimetris

C = E Px ( P )                                               ( 2.1 )

P = D Pb ( C )                                               ( 2.2 )

Keterangan : Pb = kunci publik, Px = kunci rahasia



Algoritma menggunakan kunci publik pada umumnya mempunyai banyak kelebihan dan secara umum memiliki dua karakteristik :
1.       Komputasi untuk enkripsi/dekripsi pesan mudah dilakukan.

2.       Secara komputasi hampir tidak mungkin menurunkan kunci privat, bila pasangan kunci publik telah diketahui.


Artikel Terkait



Advertisements


Title : Kriptografi Modern
Description : Perbedaan kriptografi modern dengan kriptografi klasik, yaitu pada kriptografi modern sudah menggunakan perhitungan komputasi atau pr...

0 Response to " Kriptografi Modern"

Post a Comment