Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

Laporan KKN UIN Jakarta Minggu Kedua



Advertisements



Nama
Fajar Nugraha Wahyu
NAMA DOSEN
Dr. Nina Fitriyati
NIM
11140910000013
DESA/KEL
PANGKAL JAYA
NO KEL
124
NAMA KEL
BERDIKARI

IMPLEMENTASI KEGITAN MINGGU KE-2
No
Uraian Kegiatan
Hasil Langsung






1
1/08/2017
-          Selasa ini dimulai dengan penuh semangat karena hari ini adalah jadwal bertemu dengan anak-anak untuk sekedar sharing atau berbagi ilmu. Pembahasan hari adalah tentang makna dari sebuah kisah nabi yang ditampilkan dalam bentuk film (movie time). Waktu belajar berlangsung selama 2 jam mulai dari pukul 14.00-16.00 wib.
-          Pengajaran kedua dimulai, kali ini pengajaran dilakukan pukul 19.00-21.00. Berbeda dengan pengajaran yang dilakukan pagi hari, malam ini saya dan teman-teman focus mengajar mengaji dan bahasa arab. Jumlah murid yang sangat banyak seluruhnya hanya diajarkan oleh 2 orang pengajar yang berstatus sebagai suami istri, karena keterbatasan SDM dan ketidakadaan biaya untuk membayar pengajar lain maka mereka memutuskan untuk tetap pada tujuan mulia walau dengan penuh keterbatasan dan rasa lelah yang teramat sangat. Disini saya dan teman-teman berusaha membantu semampu yang kami bisa walau sedikit dan tidak intensif setidaknya lelah mereka berdua berkurang walau tak banyak.


-          Anak-anak mampu memahami makna yang terdapat didalam kisah-kisah nabi sehingga dapat di praktikkan di dalam kehidupan sehari-hari
-          Anak-anak memperoleh pengalaman baru, ilmu-ilmu yang semakin bertambah di bidang mengaji dan bahasa arab
2













2/08/2017
-          Penyuluhan Narkoba adalah agenda saya dan teman-teman hari ini. Berbagai persiapan dilakukan untuk acara ini mulai dari persiapan membeli konsumsi yang harus dibeli dipasar Leuwiliang dengan jarak yang cukup jauh dari tempat tinggal kami karena tidak ada pasar yang menjual dagangan lengkap seperti pasar tesebut disini, kemudian persiapan penataan tempat penyuluhan yaitu Kantor Desa Pangkal Jaya danpersiapan-persipan lainya . Acara Penyuluhan Narkoba di laksanakan pukul !3.00-15.00 dengan mengundang pembicara dari Satgas Anti Narkoba Uin Jakarta. Antusias dari masyarakat desa patut untuk diapresiasi ditengan kesibukan mereka bertani namun mereka masih menyempatkan untuk hadir di acara kami.

-          Masyarakat memahami bahwa narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat merusak masa depan generasi muda. Diharapkan masyarakat mau mensosialisasikan ilmu yang mereka dapat kepada orang sehingga kesadaran masyarakat bertambah
3
3/08/2017
-          Hari ini adalah hari yag sangat ditunggu karena agenda saya dan teman-teman adalah pergi kesawah untuk membajak dan menanam padi. Tujuannya adalah untuk mendakatkan diri kepada petani atau masyarakat sekitar serta menambah wawasan tentang pertanian. Hal yang sangat menarik adalah ketika kami membandingkan hasil menanam yang dilakukan oleh petani professional, mereka menanam sangat rapih mengikuti garis yag telah dibentuk sebelumnya. Hal ini berbeda jauh dengan kami yang terbilang masih amatir karena terlihat tidak beraturan. Pelajaran yang dapat diambil dalam agenda kali ini adalah profesi petani adalah profesi mulia, dilakukan penuh kesabaran dan ketekunan serta maanfaatnya dapat dirasakan oleh orang banyak.

-          Menciptakan kedekatan antara mahasiswa dan masyarakat setempat khususnya yang berprofesi sebagai petani
4
4/08/2017
-          Pagi hari sekali tepatnya pukul 07.00 wib saya dan teman-teman bergegas untuk mengajar di PAUD Bunda Gumilang. Ini adalah kali pertama saya merasakan mengajar anak-anak usia balita sebanyak 52 orang tak pernah saya bayangkan sebelumnya. Namun tiba di tempat mengajar didampingi oleh guru-guru PAUD semua terasa menyenangkan, rasa takut yang dibayangkan seketika sirna karena keseruan yang ada. Dan ternyata mengajari mereka bukan hal yang sangat sukit melainkan suatu hal yang sangat menggembirakan.

      Malamnya saya pergi ke majlis talim untuk pengajian rutin bersama warga , dimulai dari setelah sholat magrib berjamaah, pengajian pun dimulai. Setelah itu saya dan teman - teman rapat bersama pemuda kampung ciketug seperti kang eman, kang encep dan kang dayak untuk membicarakan proker pengadaan di kampung ini yaitu lapangan olahraga untuk masyarakat kampung ciketug. Dimalam ini juga saya dan teman-teman dapat kesempatan berbincang via telpon dengan Ka Wahyu yang alumni KKN UIN di desa pangkal jaya

-          Melatih kemampuan saya dalam mengajar, mengasuh anak-anak, berkomunikasi dengan anak-anak serta melatih kesabaran.







      Menambah iman dan tqwa kita kepada Allah serta menjalin silaturahmi dengan warga setempat.
5
5/08/2017

Kegiatan hari ini adalah pengukuran lapangan dan kerja bakti untuk pengadaan lapangan badminton di kampung ciketug RW 5. Dikomandoi kang eman banyak warga yang sudah berkumpul di tanah lapangan tempat akan dibuat lapangan olahraga badminton. Dulu tanah ini memang lapangan badminton tapi sudah 10 tahun yang lalu. Setelah pengukuran jam 8.00 bahan material pun dipesan. Dan mulai pukul 9.00 kerja bakti pengadaan lapangan badminton di kampung Ciketug RW 5 ini dimulai. Semua warga gotong royong, kebersamaan pun sangat berasa disini yang tidak dapat saya rasakan di komplek tempat tinggal saya. Dengan kebersamaan 70% pengerjaan pun rampung di malam hari pukul 8.00 karena bahan material yang kurang.



Merasakan sifat gotong royong bersama warga setempat, menajlin keakraban bersama warga sehingga tidak ada jarak antara kita.
 6
 6/08/2017

Agenda hari ini dimulai pukul 8.00 setelah kang eman memesan bahan material lagi, kerja bakti finishing untuk pembuatan lapangan dimulai lagi. Saya dan teman-teman begitu ssemangat hari ini melihat hasil yang sudah hampir rampung. Membantu mencangkul dan mengangkat cor-coran sungguh pegal luar biasa.  Lapangan sudah hampir selesai hari ini tinggal peresmian dan pemotongan pita pembukaan saja. 
Dengan kebersamaan semua jadi cepat.

Sore harinya saya dan teman-teman membuat rak buku untuk taman baca di PAUD yang merupakan salah satu proker KKN berdikari. Baru 40 % pengerjaan hari ini karena malamnya saya dan teman-teman ada pengajian 4 bulanan warga sekitar dan futsal bersama pemuda kampung ciketug.


Lapangan selesai tepat waktu dan dapat dgunakan untuk HUT RI 17 agustus nanti.







Menambah minat baca warga di PAUD.
Menambah ikatan emosional antar warga sehingga terjalin ikatan kekeluargaan yang erat.





Artikel Terkait



Advertisements


Title : Laporan KKN UIN Jakarta Minggu Kedua
Description : Nama Fajar Nugraha Wahyu NAMA DOSEN Dr. Nina Fitriyati NIM 11140910000013 DESA/...

0 Response to "Laporan KKN UIN Jakarta Minggu Kedua"

Post a Comment