Advertisements
TUGAS RISET TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
IDENTIFIKASI CARA PENGAMBILAN DATA
JURNAL
Tugas untuk memenuhi nilai tugas mata kuliah
riset teknologi informasi dan komunikasi
Disusun oleh:
Fajar Nugraha
Wahyu (11140910000013)
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SYARIFHIDAYATULLAH
JAKARTA
2017
No
|
Judul
|
Masalah
|
Data Pendukung
|
Sumber
|
1
|
IMPLEMENTASI TEKNOLOGI BIG DATA DI LEMBAGA PEMERINTAHAN INDONESIA Siti
Mujilahwati Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas
Islam Lamongan
|
Melalui teknologi informasi, triliunan byte data diciptakan setiap
hari dari berbagai sumber, seperti dari media sosial, sensor, video
surveillance, dan smart grids. Lautan data ini mengarah pada satu terminologi
Big Data. Data memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan strategis.
Oleh karenanya, pihak yang mampu mengolah dan memanfaatkan data-data yang
tersedia dalam volume besar, keragaman variatif, kompleksitas tinggi dan
kecepatan penambahan data yang tinggi, dapat mengambil keuntungan yang besar.
Namun sayangnya, penerapan Big Data analitik masih belum begitu populer di
Indonesia
|
Di level internasional, beberapa penelitian pernah dilakukan untuk
mengukur status implementasi Big Data di beberapa organisasi. Salah satunya
penelitian ‘Big Data Survey’, yang dilakukan oleh Capgemini Consulting pada
tahun 2014 kepada 226 pimpinan perusahaan/organisasi global di kawasan Eropa,
Amerika Utara dan AsiaPasifik. Hasil penelitian menemukan bahwa paling banyak
(35%) dari organisasi yang diteliti berada pada tahap partial production,
dimana teknologi predictive analytics sudah diintegrasikan pada sebagian
proses bisnis. Sementara lainnya berada pada tahap perencanaan konsep (29%),
belum diimplementasikan (24%), dan hanya 13% yang sudah mencapai tahap
pemanfaatan secara matang (Colas, 2014)
|
Study Literatur
Yaitu (Colas, 2014)
|
2
|
EKSPERIMEN SISTEM KLASIFIKASI ANALISA SENTIMEN TWITTER PADA AKUN
RESMI PEMERINTAH KOTA SURABAYA BERBASIS PEMBELAJARAN MESIN
Nuke Y. A. Faradhillah, Renny P. Kusumawardani Irmasari Hafidz
|
Salah satu fungsi tugas dari pemerintah adalah menyebarluaskan
informasi, mengomunikasikan kebijakan, rencana kerja, dan capaian kinerja
kepada masyarakat luas, melalui media tradisional, media konvensional, dan
media baru. Komunikasi dengan menggunakan media baru atau teknologi internet
dapat menjangkau langsung dan cepat kepada semua pihak yang saat ini telah
dinikmati secara luas. Masyarakat telah mengalami perubahan pola pikir ke
arah yang semakin kritis dalam menanggapi kondisi yang ada, dimana dengan
adanya kondisi seperti ini maka kinerja pemerintah dituntut untuk mampu
memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat dalam segala aspek
|
Berdasarkan data statistik dari sosmedtoday.com hingga Agustus 2014
tentang penggunaan media sosial di Indonesia, terdapat sekitar 70 juta
masyarakat Indonesia yang aktif dalam media sosial
|
Study Litelatur dari sosmedtoday.com
|
3
|
Twitter Data Analytics: Geospatial Data Extraction and Analysis
Edi Surya Negara, Ria Andryani, Prihambodo Hendro Saksono
|
Perkembangan media sosial yang semakin pesat,
memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan komunikasi.
Selain untuk media komunikasi, media sosial juga telah banyak dimanfaatkan
pada berbagai bidang seperti sosial, politik, ekonomi, pertahanan, keamanan
dan lainlain melalui social media
analytics
|
1. Berdasarkan survei yang lakukan
oleh Global Web Index
pada Januari 2014, pengguna internet
di Indonesia mencapai
72.700.000 pengguna dari total
jumlah penduduk Indonesia sebanyak 251.160.124 jiwa. Survei tersebut juga
menunjukkan pengguna aktif media sosial mencapai 79,7% dari total pengguna
internet di Indonesia.
2. Rilis hasil survei yang dilakukan oleh Pew Research Center dari
tahun 2012 sampai tahun 2014 tentang jumlah pengguna media sosial, hasil
tersebut menunjukkan bahwah media sosial yang paling yang paling populer
digunakan oleh pengguna dengan umur diatas 18 tahun adalah Facebook (71%),
Linkedln (28%), Pinterest (28%), Instagram (26%), dan Twitter (23%)
|
Study Litelatur Global
Web Index, “Survei
data global web index,” 2014. [Online]. Available:
https://www. globalwebindex.net/
Study Litelatur
M. Duggan, N.
Ellison, C. Lampe,
A. Lenhart, and M. Madden,
“Social media update 2014,” Pew Research Center, 2015.
|
4
|
BOT SPAMMER DETECTION IN TWITTER USING TWEET SIMILARITY AND TIME
INTERVAL ENTROPY
Rizal Setya Perdana, Tri Hadiah Muliawati, and Reddy Alexandro
|
Ketenaran Twitter mengundang spammer untuk menggunakannya dalam
penyebarluasan pesan spam. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kebanyakan
pesan spam dihasilkan secara otomatis oleh bot. Deteksi bot spammer akan
dapat mengurangi jumlah pesan spam pada Twitter secara signifikan.
|
In last quarter of 2012, Twitter has been reported by Global Web
Index as the fastest-growing website with a growth rate in active users of
714% since July 2009 [1]. Moreover, Twitter belongs to top 10 most viewed
websites in Nov-ember 2014 [2]. Twitter is micro-blogging service that was
founded in 2006. Twitter users are facilitated to communicate with each other
by producing text-based post better known as tweet. The tweet size is limited
to 140 characters. In total, there are 500 million tweets published by
Twitter users per day. Its simplicity has attracted huge amount of people to
join. Currently it has up to 284 million monthly active users[3]
|
STUDY LITELATUR [1]T.J. McCue, Twitter Ranked Fastest Growing Social
Platform in the World, http:// www.forbes.com/sites/tjmccue/2013/01/29/T
witter-ranked-fastest-growing-social-platfor m-in-the-world/, 2013, retrieved
December 1, 2014.
[2] Alexa, The Top 500 Sites on The Web,
http://www.alexa.com/topsites, 2014, retrieved December 1, 2014.
[3] About Twitter, https://about.Twitter.com/co mpany, 2014,
retrieved December 1, 2014.
|
5
|
DEVELOPING GIS-BASED SOCIAL COMMERCE APPLICATION ON ANDROID USING
ITERATIVE AND INCREMENTAL METHOD TELKOM UNIVERSITY
I Made Prawira Indrawan, Soni Fajar Surya Gumilang, Muhammad Azani
Hasibuan
|
Indonesia adalah negara yang memiliki potensi dalam e-commerce dengan
pembeli online yang sangat banyak. Namun ternyata sebagian besar pembeli ini
lebih memilih berbelanja di media sosial atau forumforum jual beli
dibandingkan toko online konvensional. Selain itu, sebagian besar pembeli ini
mengaku kesulitan mencari barang atau jasa di sekitar. Melihat karakteristik
ini, maka perlu dibangun sebuah ecommerce yang memiliki unsur media sosial
dan forum-forum jual beli. Selain itu perlu juga ditambahkan Geographic
Information System (GIS) untuk memudahkan pengguna mencari barang atau jasa
di sekitar
|
Menurut eMarketer, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun
2014 adalah 83,6 juta orang dengan penetrasi sebesar 33% [1].
Menurut Statista, setidaknya ada 66,4 juta orang di Indonesia
menggunakan media sosial minimal sebulan sekali pada tahun 2014 [2]
|
STUDY LITELATUR
[1] eMarketer, "In
Indonesia, a New Digital Class Emerges," 12 March 2013. [Online].
Available: http://www.emarketer.com/Article.aspx?R=1009723. [Accessed 5
December 2014].
[2] Statista, "Number of
Social Network Users in Selected Countries in 2014 and 2018," [Online].
Available: http://www.statista.com/statistics/278341. [Accessed 30 November
2014].
|
Artikel Terkait
Advertisements
Title : IDENTIFIKASI CARA PENGAMBILAN DATA JURNAL
Description : TUGAS RISET TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI IDENTIFIKASI CARA PENGAMBILAN DATA JURNAL Tugas untuk memenuhi nilai tugas mata kuliah r...
Description : TUGAS RISET TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI IDENTIFIKASI CARA PENGAMBILAN DATA JURNAL Tugas untuk memenuhi nilai tugas mata kuliah r...
0 Response to "IDENTIFIKASI CARA PENGAMBILAN DATA JURNAL"
Post a Comment