Advertisements
LAPORAN PRAKTIK KERJA
LAPANGAN
RANCANG BANGUN TAMPILAN ANTARMUKA PENGGUNA
APLIKASI MEETING
ROOM BOOKING SYSTEM BERBASIS ANDROID
PADA PT. HOME CREDIT INDONESIA
Oleh :
Tasya Nabilah Putri 11140910000034
PROGRAM STUDI TEKNIK
INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN
TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2017
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
RANCANG BANGUN TAMPILAN ANTARMUKA PENGGUNA
APLIKASI MEETING
ROOM BOOKING SYSTEM BERBASIS ANDROID
PADA PT. HOME CREDIT INDONESIA
Sebagai salah satu syarat untuk melaksanakan
Praktik Kerja Lapangan
Oleh :
Fajar
Nugraha Wahyu 11140910000034
Jakarta, 24
Maret
2017
Dosen Pembimbing,
Luh Kesuma Wardhani, M.Kom
|
Pembimbing Lapangan,
Mizno Kruge
|
Mengetahui,
Ketua Program
Studi Teknik Informatika
Arini, MT
NIP.
197601302009012001
|
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah
SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan
karunia-Nya sehingga
penulis dapat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan dan menyelesaikan laporan
Praktik Kerja Lapangan dengan baik. Shalawat serta salam tak lupa penulis
haturkan kepada baginda nabi Muhammad SAW.
Judul laporan Praktik Kerja Lapangan yang penulis ambil adalah :
“RANCANG BANGUN TAMPILAN ANTARMUKA PENGGUNA
APLIKASI MEETING ROOM BOOKING SYSTEM BERBASIS
ANDROID
PADA PT. HOME CREDIT INDONESIA”
Keberhasilan
dalam pelaksanaan dan penyelesaian laporan Praktik Kerja Lapangan ini tidak
luput dari bimbingan dan motivasi dari
semua pihak. Tanpa adanya dukungan dari pihak terkait, penulis menyadari Praktik Kerja Lapangan ini tidak berarti
apa-apa. Maka dari itu penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada :
1.
Allah SWT atas segala
nikmat dan karunia-Nya yang diberikan kepada penulis.
2. Kedua
orang tua penulis, yang senantiasa
memberikan dukungan, motivasi, dan doa kepada penulis.
3. Ibu
Arini, MT selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika
4. Ibu
Luh Kesuma Wardhani,
M.Sc selaku dosen pembimbing yang telah memberikan masukan dan saran untuk
laporan ini.
5. Bapak
Mizno Kruge yang telah mengizinkan penulis agar dapat
melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. Cari Jasa Solusi dan selaku
Pembimbing Lapangan yang telah membimbing penulis selama melaksanakan PKL.
6. Rekan-rekan
mahasiswa Program Studi Teknik Informatika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
angkatan 2014 yang telah memberikan masukan, dorongan, dan motivasi kepada
penulis.
7.
Semua pihak yang tidak
dapat disebutkan satu persatu yang telah membantu dalam penulisan laporan ini.
Dengan segala
kerendahan hati penulis menyadari masih banyaknya kekurangan dalam penulisan
laporan ini. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis
harapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Jakarta, 24 Maret 2017
Fajar Nugraha
Wahyu
11140910000034
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN
ii
KATA PENGANTAR
iii
DAFTAR ISI
v
DAFTAR GAMBAR
vi
BAB I PENDAHULUAN
1
1.1. Latar Belakang
3
1.2. Rumusan Masalah
3
1.3. Batasan Masalah
3
1.4.Tujuan
3
1.5. Manfaat
4
1.6. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
5
BAB II LANDASAN
TEORI DAN GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
6
2.1. Rancang Bangun
6
2.2. Tampilan Antarmuka
Pengguna
6
2.3. Android
7
2.4. Android Studio
8
2.5. Gambaran Umum Perusahaan
9
BAB III PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA LAPANGAN
11
3.1. Gambaran Umum
11
3.2. Tujuan Rancang Bangun
11
3.3. Syarat-Syarat Perancangan
12
3.4. Perancangan Tampilan Antarmuka Pengguna
12
3.5. Implementasi
13
BAB IV PENUTUP
15
4.1. Kesimpulan
15
4.2. Saran
15
DAFTAR PUSTAKA
16
LAMPIRAN
17
DAFTAR GAMBAR
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Perkembangan bisnis di Indonesia terus meningkat, tak
terkecuali bisnis yang berbasiskan internet. Bisnis marketplace sekarang ini
tidak hanya penjualan barang, tetapi juga marketplace penyewaan jasa. Bisnis yang
membuat semakin mudahnya mencari jasa yang dibutuhkan melalui internet. Karena
menurut data yang survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet
Indonesia (APJII) tahun 2016 pengguna internet di Indonesia terus meningkat.
Dari data
penggunaan internet tersebut , membuktikan bahwa bisnis yang menggunakan basis
internet dapat berkembang dengan baik. Penggunaan internet di Indonesia pun
sangat beragam, APJII memiliki data bahwa rata – rata pengguna internet
Indonesia sudah pernah bertransaksi online baik itu barang maupun jasa. Ini
membuktikan bisnis marketplace online barang dan jasa dapat berkembang dengan
baik.
Marketplace
pencari jasa di Indonesia juga telah berkembang. Banyak website yang mulai
menjalankan bisnis ini untuk mempermudah pelaku penyedia jasa dan juga
masyarakat. Untuk pelaku penyedia jasa marketplace ini membantu memasarkan
bisnisnya sehingga dapat memperluas jangkauan bisnisnya. Dan masyarakat akan
terbantu dengan sebuah wadah mencari jasa yang dibutuhkannya dengan mudah.
Di dalam bisnis penyedia jasa,
tentu diperlukan management untuk mengatur para teknisi yang bekerja di
penyedia jasa tersebut. Dengan perkembangan internet yang sangatlah cepat,
sistem management teknisi bagi para penyedia jasa sudah mulai berbasiskan
internet. Hal ini dapat mempermudah pemilik penyedia jasa memperluas bisnis
dengan merekrut teknisi baru tanpa bertatap muka secara langsung. Website www.jasaconnect.com
menyediakan layanan sistem management tersebut. Tidak hanya mengelola teknisi
tetapi juga mengelola order jasa dan ringkasan bisnis lainnya.
Karena order dalam bisnis jasa adalah termasuk
penjualan , “Penjualan adalah pendapatan lazim dalam perusahaan
dan merupakan jumlah kotor yang dibebankan kepada pelanggan atas barang dan
jasa”.
(Henry Simamora, 2000;24). Sistem manajemen order ini membantu penyedia jasa menyebar
order ke teknisi di lapangan. Teknisi yang sudah bergabung dengan Jasa Connect
melalui penyedia jasa, akan diberi aplikasi di smartphonenya. Order yang
diinput penyedia jasa di jasa connect akan masuk ke aplikasi smartphone teknisi
tersebut, dan teknisi dapat mengambil serta mengerjakan order tersebut.
Dengan adanya kajian ini penulis ingin memberikan website bantuan yang berfungsi sebagai
database cara menggunakan www.jasaconnect.com bagi penyedia jasa dan bagi teknisi.
Agar ada pedoman penggunaan
untuk menggunakan www.jasaconnect.com secara tepat. Oleh
sebab itu, berdasarkan alasan ini penulis mencoba mengambil tema dalam
penulisan laporan PKL ini dengan judul: “Pembuatan Web Help Center untuk Website dan Aplikasi Jasa Connect pada PT. Cari
Jasa Solusi.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah
dipaparkan sebelumnya dapat dirumuskan bahwa permasalahan yang ada adalah : Bagaimana membuat web help center untuk website dan
aplikasi Jasa Connect?
1.3.
Batasan Masalah
Pembuatan web help center jasa connect ini akan terus
berkembang seiring dengan fitur jasa connect.
Oleh karena itu penulis membatasi penulisan ini antara lain :
1. Pembuatan
1.4.
Tujuan
Tujuan
dilaksanakannya Praktik Kerja Lapangan (PKL) ialah sebagai berikut:
1.4.1.
Tujuan Umum
-
Untuk memenuhi salah satu
mata kuliah Praktik Kerja Lapangan di Teknik Informatika UIN Syarif
Hidayatullah Jakarta
-
Melatih dan mengembangkan
potendi yang dimiliki mahasiswa
-
Membangun mahasiswa yang
mampu berfikir secara luas, kritis, kreatif, serta inovatif dan mampu
menghadapi dunia kerja
1.4.2. Tujuan
Khusus
-
Menambah wawasan dan
pengalaman dunia kerja di PT. Home Credit Indonesia
1.4.3. Tujuan
Penulisan Laporan PKL
Tujuan
penulisan laporan PKL ini adalah untuk merancang dan membangun tampilan
antarmuka pengguna aplikasi meeting room
booking system berbasis android pada PT. Home Credit Indonesia.
1.5.
Manfaat
Manfaat
yang diharapkan penulis adalah sebagai berikut :
1.5.1.
Manfaat
Bagi Mahasiswa
-
Dapat
menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama di bangku perkuliahan.
-
Merasakan
kondisi nyata di dunia kerja.
-
Menambah
relasi.
1.5.2.
Manfaat
Bagi Perusahaan
-
Membantu
mahasiswa dalam menyiapkan mental untuk turun langsung ke dunia kerja.
-
Membantu
dalam menyiapkan tenaga kerja yang berpengalaman di bidangnya.
1.5.3.
Manfaat
Bagi Universitas
- Mengetahui kemampuan mahasiswanya dalam menguasai ilmu
yang telah didapatkan di bangku perkuliahan dan sebagai bahan evaluasi.
-
Memberikan gambaran
tentang kesiapan mahasiswa
dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.
1.6.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan pada :
Nama Perusahaan :
PT. Home Credit Indonesia
Alamat : Plaza Oleos Lt. 8, Jalan TB Simatupang No. 53A,
RT.2/RW.1, Pasar Minggu, Jagakarsa,
Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Waktu : 16 Januari 2017 – 13 April 2017
Artikel Terkait
Advertisements
Title : CONTOH LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Description : LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN RANCANG BANGUN TAMPILAN ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI MEETING ROOM BOOKING SYSTEM BERBASIS ANDROID PAD...
Description : LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN RANCANG BANGUN TAMPILAN ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI MEETING ROOM BOOKING SYSTEM BERBASIS ANDROID PAD...
0 Response to "CONTOH LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN"
Post a Comment