Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

CONTOH LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN



Advertisements



LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
RANCANG BANGUN TAMPILAN ANTARMUKA PENGGUNA
APLIKASI MEETING ROOM BOOKING SYSTEM BERBASIS ANDROID
PADA PT. HOME CREDIT INDONESIA

 


Oleh :
Tasya Nabilah Putri     11140910000034


PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2017


HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)

RANCANG BANGUN TAMPILAN ANTARMUKA PENGGUNA
APLIKASI MEETING ROOM BOOKING SYSTEM BERBASIS ANDROID
PADA PT. HOME CREDIT INDONESIA


Sebagai salah satu syarat untuk melaksanakan
Praktik Kerja Lapangan


Oleh :
       Fajar Nugraha Wahyu                  11140910000034


Jakarta, 24 Maret 2017


Dosen Pembimbing,




Luh Kesuma Wardhani, M.Kom


Pembimbing Lapangan,




Mizno Kruge

Menyetujui,





Mengetahui,
Ketua Program Studi Teknik Informatika





Arini, MT
NIP. 197601302009012001

 





KATA PENGANTAR


          Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT  yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan karunia-Nya sehingga penulis dapat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan dan menyelesaikan laporan Praktik Kerja Lapangan dengan baik. Shalawat serta salam tak lupa penulis haturkan kepada baginda nabi Muhammad SAW. Judul laporan Praktik Kerja Lapangan yang penulis ambil adalah :
“RANCANG BANGUN TAMPILAN ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI MEETING ROOM BOOKING SYSTEM BERBASIS ANDROID
PADA PT. HOME CREDIT INDONESIA”
            Keberhasilan dalam pelaksanaan dan penyelesaian laporan Praktik Kerja Lapangan ini tidak luput dari bimbingan dan motivasi dari semua pihak. Tanpa adanya dukungan dari pihak terkait, penulis menyadari Praktik Kerja Lapangan ini tidak berarti apa-apa. Maka dari itu penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada :
1.      Allah SWT atas segala nikmat dan karunia-Nya yang diberikan kepada penulis.
2.      Kedua orang tua  penulis, yang senantiasa memberikan dukungan, motivasi, dan doa kepada penulis.
3.      Ibu Arini, MT selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika
4.      Ibu Luh Kesuma Wardhani, M.Sc selaku dosen pembimbing yang telah memberikan masukan dan saran untuk laporan ini.
5.      Bapak Mizno Kruge yang telah mengizinkan penulis agar dapat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. Cari Jasa Solusi dan selaku Pembimbing Lapangan yang telah membimbing penulis selama melaksanakan PKL.
6.      Rekan-rekan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2014 yang telah memberikan masukan, dorongan, dan motivasi kepada penulis.
7.      Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah membantu dalam penulisan laporan ini.

Dengan segala kerendahan hati penulis menyadari masih banyaknya kekurangan dalam penulisan laporan ini. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan laporan ini.


Jakarta, 24 Maret 2017



Fajar Nugraha Wahyu
11140910000034




DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI v
DAFTAR GAMBAR vi
BAB I PENDAHULUAN 1
1.1. Latar Belakang 3
1.2. Rumusan Masalah 3
1.3. Batasan Masalah 3
1.4.Tujuan 3
1.5. Manfaat 4
1.6. Waktu dan Tempat Pelaksanaan 5
BAB II LANDASAN TEORI DAN GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN 6
2.1. Rancang Bangun 6
2.2. Tampilan Antarmuka Pengguna 6
2.3. Android 7
2.4. Android Studio 8
2.5. Gambaran Umum Perusahaan 9
BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN 11
3.1. Gambaran Umum 11
3.2. Tujuan Rancang Bangun 11
3.3. Syarat-Syarat Perancangan 12
3.4. Perancangan Tampilan Antarmuka Pengguna 12
3.5. Implementasi 13
BAB IV PENUTUP 15
4.1. Kesimpulan 15
4.2. Saran 15
DAFTAR PUSTAKA 16
LAMPIRAN 17

DAFTAR GAMBAR








BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang

Perkembangan bisnis di Indonesia terus meningkat, tak terkecuali bisnis yang berbasiskan internet. Bisnis marketplace sekarang ini tidak hanya penjualan barang, tetapi juga marketplace penyewaan jasa. Bisnis yang membuat semakin mudahnya mencari jasa yang dibutuhkan melalui internet. Karena menurut data yang survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2016 pengguna internet di Indonesia terus meningkat.
Dari data penggunaan internet tersebut , membuktikan bahwa bisnis yang menggunakan basis internet dapat berkembang dengan baik. Penggunaan internet di Indonesia pun sangat beragam, APJII memiliki data bahwa rata – rata pengguna internet Indonesia sudah pernah bertransaksi online baik itu barang maupun jasa. Ini membuktikan bisnis marketplace online barang dan jasa dapat berkembang dengan baik.
Marketplace pencari jasa di Indonesia juga telah berkembang. Banyak website yang mulai menjalankan bisnis ini untuk mempermudah pelaku penyedia jasa dan juga masyarakat. Untuk pelaku penyedia jasa marketplace ini membantu memasarkan bisnisnya sehingga dapat memperluas jangkauan bisnisnya. Dan masyarakat akan terbantu dengan sebuah wadah mencari jasa yang dibutuhkannya dengan mudah.
Di dalam bisnis penyedia jasa, tentu diperlukan management untuk mengatur para teknisi yang bekerja di penyedia jasa tersebut. Dengan perkembangan internet yang sangatlah cepat, sistem management teknisi bagi para penyedia jasa sudah mulai berbasiskan internet. Hal ini dapat mempermudah pemilik penyedia jasa memperluas bisnis dengan merekrut teknisi baru tanpa bertatap muka secara langsung. Website  www.jasaconnect.com menyediakan layanan sistem management tersebut. Tidak hanya mengelola teknisi tetapi juga mengelola order jasa dan ringkasan bisnis lainnya.
Karena order dalam bisnis jasa adalah termasuk penjualan , “Penjualan adalah pendapatan lazim dalam perusahaan dan merupakan jumlah kotor yang dibebankan kepada pelanggan atas barang dan jasa”. (Henry Simamora, 2000;24). Sistem manajemen order ini membantu penyedia jasa menyebar order ke teknisi di lapangan. Teknisi yang sudah bergabung dengan Jasa Connect melalui penyedia jasa, akan diberi aplikasi di smartphonenya. Order yang diinput penyedia jasa di jasa connect akan masuk ke aplikasi smartphone teknisi tersebut, dan teknisi dapat mengambil serta mengerjakan order tersebut.
Dengan adanya kajian ini penulis ingin memberikan website bantuan yang berfungsi sebagai database cara menggunakan www.jasaconnect.com bagi penyedia jasa dan bagi teknisi. Agar ada pedoman penggunaan untuk menggunakan www.jasaconnect.com secara tepat. Oleh sebab itu, berdasarkan alasan ini penulis mencoba mengambil tema dalam penulisan laporan PKL ini dengan judul: “Pembuatan Web Help Center untuk Website dan Aplikasi Jasa Connect pada PT. Cari Jasa Solusi.

1.2. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan sebelumnya dapat dirumuskan bahwa permasalahan yang ada adalah : Bagaimana membuat web help center untuk website dan aplikasi Jasa Connect?

1.3.    Batasan Masalah

Pembuatan web help center jasa connect ini akan terus berkembang seiring dengan fitur jasa connect. Oleh karena itu penulis membatasi penulisan ini antara lain :
1.      Pembuatan

1.4.   Tujuan

Tujuan dilaksanakannya Praktik Kerja Lapangan (PKL) ialah sebagai berikut:
1.4.1.         Tujuan Umum
-        Untuk memenuhi salah satu mata kuliah Praktik Kerja Lapangan di Teknik Informatika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
-        Melatih dan mengembangkan potendi yang dimiliki mahasiswa
-        Membangun mahasiswa yang mampu berfikir secara luas, kritis, kreatif, serta inovatif dan mampu menghadapi dunia kerja

1.4.2.    Tujuan Khusus
-        Menambah wawasan dan pengalaman dunia kerja di PT. Home Credit Indonesia

1.4.3.    Tujuan Penulisan Laporan PKL
Tujuan penulisan laporan PKL ini adalah untuk merancang dan membangun tampilan antarmuka pengguna aplikasi meeting room booking system berbasis android pada PT. Home Credit Indonesia.

1.5.    Manfaat

Manfaat yang diharapkan penulis adalah sebagai berikut :
1.5.1.    Manfaat Bagi Mahasiswa
-   Dapat menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama di bangku perkuliahan.
-   Merasakan kondisi nyata di dunia kerja.
-   Menambah relasi.
1.5.2.   Manfaat Bagi Perusahaan
-   Membantu mahasiswa dalam menyiapkan mental untuk turun langsung ke dunia kerja.
-   Membantu dalam menyiapkan tenaga kerja yang berpengalaman di bidangnya.
1.5.3.   Manfaat Bagi Universitas
-   Mengetahui kemampuan mahasiswanya dalam menguasai ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan dan sebagai bahan evaluasi.
-    Memberikan   gambaran   tentang   kesiapan   mahasiswa   dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.

1.6.       Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan pada :
Nama Perusahaan        :  PT. Home Credit Indonesia
Alamat                        :  Plaza Oleos Lt. 8, Jalan TB Simatupang No. 53A,   RT.2/RW.1, Pasar Minggu, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Waktu                         :  16 Januari 2017 – 13 April 2017
Artikel Terkait



Advertisements


Title : CONTOH LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Description : LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN RANCANG BANGUN TAMPILAN ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI MEETING ROOM BOOKING SYSTEM BERBASIS ANDROID PAD...

0 Response to "CONTOH LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN"

Post a Comment