Advertisements
3.1. Gambaran Umum
Tampilan
antarmuka aplikasi meeting room booking
system terdiri dari dua halaman, yaitu halaman utama dan halaman booking. Pada halaman utama terdapat informasi mengenai
hari, tanggal, dan jam
yang ditampilkan secara real
time. Berdasarkan waktu tersebut, ditampilkan informasi mengenai ruang
meeting
available
atau on meeting.
Pada halaman utama juga terdapat daftar
penggunaan ruang meeting yang sudah
berhasil di booked pada halaman booking. Button yang terdapat pada
halaman utama berfungsi untuk menuju ke halaman booking.
Untuk
melakukan proses booking, actor harus
menginput subject meeting dan alamat
e-mail pada halaman booking. Button clock akan ditampilkan secara pop up dan berfungsi untuk mengatur
jadwal mulai dan berakhir penggunaan ruang meeting.
Button cancel berfungsi apabila actor batal melakukan booking. Button OK berfungsi apabila actor sudah selesai melakukan proses booking dan sistem akan kembali ke
halaman utama.
Lima
menit sebelum ruang meeting akan digunakan, sistem akan
menampilkan button start pada halaman utama
yang apabila
tombol tersebut ditekan maka tampilan informasi pada halaman utama akan berubah
menjadi on meeting.
Namun jika lebih dari sepuluh menit
button tidak ditekan maka sistem akan otomatis cancel jadwal penggunaan ruangan tersebut dan informasi pada
halaman utama berubah menjadi available.
Setelah button start
ditekan, maka akan muncul button finish.
Button finish berfungsi untuk
menghentikan penggunaan ruang meeting
apabila meeting selesai sebelum waktu
yang telah ditentukan. Bila ruangan telah selesai digunakan maka sistem akan
menampilkan informasi bahwa ruangan tersebut tidak sedang digunakan (available).
3.2. Tujuan Rancang
Bangun
Tujuan
dilakukannya rancang bangun tampilan antarmuka aplikasi meeting room booking system yaitu untuk memudahkan karyawan PT.
Cari Jasa Solusi saat akan menggunakan ruang meeting. Tampilan aplikasi yang user
friendly diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam penggunaan tanpa
mengurangi sisi fungsionalnya.
3.3.
Syarat-Syarat Rancang Bangun
Kelengkapan
yang digunakan dalam pembuatan tampilan antarmuka aplikasi meeting room booking system yaitu sebagai berikut :
1. Software
:
a.
Windows 8
b.
Android Studio
c.
Balsamiq Mockup
2. Hardware
:
a.
Laptop
Asus N43S
b.
Handphone Samsung Galaxy
Grand Prime
3.4.
Perancangan Tampilan Antarmuka Pengguna
3.4.1.
Mockup
Halaman Utama
3.4.2.
Mockup
Halaman Booking
3.5. Implementasi
3.5.1.
Halaman
Utama
Halaman Utama merupakan halaman pertama
yang akan ditampilkan saat aplikasi dijalankan. Pada halaman ini
terdapat informasi mengenai
hari, tanggal, dan jam
yang ditampilkan secara real
time. Berdasarkan informasi tersebut, keterangan mengenai ruangan available maupun on meeting ditampilkan pada halaman utama. Keterangan ruang meeting diikuti oleh waktu hingga
ruangan tersebut akan digunakan.
Actor juga
dapat melihat daftar
penggunaan ruang meeting yang sudah
berhasil di booked pada halaman booking. Pada
halaman ini terdapat button yang
bernama book yang berfungsi sebagai
tombol untuk menuju halaman booking.
3.5.2.
Halaman
Booking
Halaman
Booking merupakan halaman yang digunakan untuk melakukan booking ruang meeting. Actor harus menginput subjek meeting,
alamat e-mail, waktu mulai dan berakhirnya meeting. Button clock akan ditampilkan secara pop up.. Button cancel berfungsi apabila actor
batal melakukan booking. Button
OK berfungsi apabila actor sudah
selesai melakukan proses booking. Kedua button tersebut akan membuat
sistem kembali ke halaman utama.
Artikel Terkait
Advertisements
Title : BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Description : 3.1. Gambaran Umum Tampilan antarmuka aplikasi meeting room booking system terdiri dari dua halaman, yaitu halaman uta...
Description : 3.1. Gambaran Umum Tampilan antarmuka aplikasi meeting room booking system terdiri dari dua halaman, yaitu halaman uta...
0 Response to "BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN"
Post a Comment