Iklan

Social Icons

Powered by Blogger.

CARA Membahagiakan Orang Tua



Advertisements




Banyak cara untuk membuat orang tua kita bahagia. Benar?
Salah satunya kuliah dan bersekolah yang benar. Dengan banting tulang orang tua kita rela untuk menyekolahkan anak – anaknya. Alhamdulillah saya telah menyelesaikan tahap itu hingga sekarang sarjana. Sudah saya rangkum menjadi 5 cara membahagiakan orang tua versi pengalaman pribadi saya selama 25 tahun hidup di dunia ini. Mungkin ini bersifat universal dan bisa coba dipraktikkan oleh Good People semua kepada orang tuanya. Inilah cara tersebut :

  1. Kalau kalian dipanggil, JAWAB.
Sederhana? Iyaa memang sangat sederhana tapi inilah yang sering kita sebagai anak lupakan. Sewaktu saya SMA, ingat sekali awal diberi HP pada saat itu, saya sering mengabaikan panggilan telpon mama saat main. Ternyata orang tua itu khawatir kalau anaknya belum pulang sekolah sampai sore hari. Saya sadar saya salah pada saat itu. Mungkin ini sepele bagi kita, tinggal di silent aja nanti juga mati sendiri. Tapi orang tua dirumah hatinya berdegup takut anaknya kenapa – kenapa. Sejak mulai dewasa masuk bangku kuliah, barulah sadar akan hal itu. Panggilan orang tua, baik langsung maupun lewat telpon/media apapun, itu sangat penting dan seharusnya kita jawab dengan sopan dan baik.

  1. Dengerin deh saran dan nasihatnya.
<span style=”font-size: 80%;”>Sumber gambar: http://www.ummi-online.com</span>
Mudah bagi kita sebenarnya buat mendengarkan saran mereka?
Bener kan?
Tapi inilah yang jarang kita dengarkan. Padahal pastinya sih itu sangat berguna banget. Karena mereka sudah sangat berpengalaman di dunia ini. Saya ingat sebuah pengalam yang tidak mengenakkan mengenai nasihat orang tua, yaitu saat awal – awal kuliah saya ngeyel banget kepengen bawa motor ke kampus padahal langit sudah gelap. Mama menyuruh saya naik angkot aja enak kalau hujan ga kena hujan, tapi karena ngeyel tetep naik motor, yasudah pas baru 1 km dari rumah kehujanan deres sampai pakaian semua kebasahan. Inilah hikmah untuk dengerin saran dan nasihat orang tua sekecil apapun, sesepele apapun , coba dengar dan laksanakan. Selain mendapat berkah dan Ridho Allah kita dapat, marabahaya setidaknya akan menyingkir dari kita.
Walau memang kadang saran dan nasihat orang tua kita pahit atau tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan , tapi mungkin orang tua tau yang terbaik untuk anaknya.

  1. Jadilah anak yang sholeh
<span style=”font-size: 80%;”>Sumber gambar : https://kaosbapaksholeh.com </span>
Yaa.. Apapun agama kalian, apapun kepercayaan kalian. Dekatkanlah diri kalian kepada Tuhan Yang Maha Esa. Inilah cara terbaik buat kita sebagai anak dapat membahagiakan orang tua. Dengan kekuatan doa kita kepada Tuhan, segala kemungkinan, segala kebahagiaan bisa di dapat. Sedikit sharing pengalaman saja, orang tua saya seorang karyawan swasta yang tugasnya menggambar jaringan listrik sebuah gedung, menghidupi 3 orang anak, Kuliah, SMA dan SD dengan gaji yang kurang dari 5.000.000 tidak cukup. Tapi karena Alhamdulillah , berkat Allah semuanya terasa cukup – cukup saja. Inilah pentingnya do’a karena Allah Tuhan Yang Maha Esa, akan memberikan rejeki dari berbagai penjuru. Dengan do’a nikmat – nikmat lainnya pun dapat kita gapai dengan mudah. Intinya jika ingin bahagiakan orang tua, dekatkanlah diri dengan Tuhan.

  1. Bantu ringankan tugas mereka
<span style=”font-size: 80%;”>Sumber gambar : https://www.instagram.com/l.ian23/</span>
Ringan? Kau pikir ringan tugas mereka?
TIDAK SAMA SEKALI.  Banyak sekali tugasnya, mengurus rumah tangga, mencuci, masak, mencari nafkah, mendidik anak. Sulit semuanya dan berat pastinya. Coba untuk ringankan tugas mereka, buatlah jadwal piket dirumah untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti cuci piring, nyapu, ngepel, isi gallon dan lain-lain. Kecil tapi berefek besar untuk orang tua kita. Seperti dirumah saya, ada pembagian tugas tiap harinya. Adik saya yang kecil tugasnya nyapu sama cuci piring tiap pulang sekolah, adik saya yang tengah tugasnya beli gallon, angkat gallon, dan mengepel. Dan saya tugasnya cuci pakaian dan membantu ekonomi keluarga. Alhamdulillah saya sedang merintis sebuah usaha kreatif yang mengolah cangkang telur menjadi usaha action figure. Alhamdulillah sudah banyak media yang meliput usaha saya ini termasuk NET TV, dimulai dari tahun 2013 , usaha mengolah limbah cangkang telur ini saya kembangkan sampai sekarang. Saya rasa NET adalah salah satu TV yang peduli akan usaha – usaha kreatif seperti yang sedang saya jalankan ini. Alhamdulillah dari usaha ini saya mendapat uang yang cukup untuk membantu ekonomi keluarga dan menabung untuk masa depan. Nilainya adalah dengan niat baik ( membantu orang tua ) Insya Allah ada jalan dari Allah darimana saja. Sebagai Good People sebaiknya kita terus berjuang akan hal ini. Ringankan beban orang tua, jalan kita untuk sukses pun jadi semakin ringan.
<span style=”font-size: 80%;”>Sumber gambar : https://www.instagram.com/l.ian23/</span>
Kalau ibarat kata, Ringankan Jalan Orang, Jalan Kita Pun akan diringankan.
<span style=”font-size: 80%;”>Sumber gambar : https://www.instagram.com/l.ian23/</span>
  1. Terbukalah kepada kedua orang tua
<span style=”font-size: 80%;”>Sumber gambar : http://www.perfectogift.com</span>
Ini yang sangat sulit saya lakukan sampai sekarang. Terkadang saya masih suka curhat ke saudara atau bahkan teman. KESALAHAN!! Bukan solusi yang didapat , malah bisa jadi aib kita tersebar? Iyaa kan?
Padahal ada pendengar yang baik dan pemberi solusi terbaik dirumah yaitu mama. Orang tualah yang tau bagaimana kita dan pasti tepat memberikan solusi karena mereka sudah kenal kita bahkan sangat kenal kita. Dengan terbuka kepada orang tua otomatis , orang tua juga bahagia, karena punya teman ngobrol dan dianggap ada. Meskipun kita sendiri sudah dewasa, jauh dari rumah, udah punya uang sendiri, tapi mereka butuh ngobrol dengan kita. Kalau ibarat kata jaman now mah QUALITY TIME sama anaknya. Jika selama ini kita masih berusaha untuk menutup diri dari orang tua, cobalah untuk lebih terbuka lagi good people, karena dengan keterbukaan akan membuatmu lebih dekat dan lebih bisa merasakan kasih sayang yang mereka miliki. Intinya ya good people, orang tua butuh interaksi dengan anaknya, maka dari itu dekatilah orang tua kita. Misalnya sambil nonton NET TV kita ngobrol dengan orang tua kita, semudah itu kok.
Nah itulah secuil tips dari pengalaman aku yang tidak seberapa ini. Mungkin good people semua punya nih tips bahagiain orang tua versinya? Mari kita diskusi sama – sama. Harapannya dengan menjadi NET. Good People saya bisa menjadi lebih baik lagi dan bermanfaat buat sekitar. Bisa jadi melalui komunitas ini saya merangkul ibu – ibu / janda – janda yang ingin bekerja dengan saya di usaha saya, jika usaha saya telah berkembang. Atau saya bisa membagikan ilmu – ilmu saya kepada NET. Good People semua tentang pemanfaatan sampah cangkang telur menjadi barang yang memiliki nilai jual.
Harapan saya menjadi NET. Good People ini adalah :
  1. Dapat memberikan semangat kreatif kepada anak – anak di Indonesia agar melihat sesuai dari sisi baiknya, siapa sangka cangkang telur yang sudah pecah bisa menjadi barang yang lucu.
  2. Dapat menemukan relasi bisnis di NET. Good People ini sehingga ekonomi kreatif Indonesia bisa maju dan kita bisa menjadi tuan rumah di bidang perdagangan di negeri sendiri.
  3. Saya ingin sekali mendapatkan ilmu broadcasting dari teman – teman NET. Good People , karena itulah cita –cita saya dulu sebelum sekarang menjadi wirausahawan dan analisis kimia seperti sekarang.
Semoga tips saya bermanfaat semoga kita bisa membahagiakan orang tua kita. Aamiin..
<span style=”font-size: 80%;”>Sumber gambar : https://www.instagram.com/l.ian23/</span>
NET. Good People KECE.
Artikel Terkait



Advertisements


Title : CARA Membahagiakan Orang Tua
Description : Banyak cara untuk membuat orang tua kita bahagia. Benar? Salah satunya kuliah dan bersekolah yang benar. Dengan banting tulang orang tu...

0 Response to "CARA Membahagiakan Orang Tua"

Post a Comment